Tingkatkan Perekonomian Desa, DPMD Paser Gelar Rakor BUMDes

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Guna meningkatkan potensi perekonomian Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi dengan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Paser, di Gedung PKK Tana Paser, Selasa (26/11).

Kegiatan yang di ikuti 20 pengurus BUMDesa tersebut, dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Masayarakat Bachtiar Effendi.

Asisten Kesejahteraan Masayarakat Bachtiar Effendi, dalam sambutan Bupati Paser mengatakan, sangat mengapresiasi kegitan ini dalam rangka untuk mewujudkan perekonomian di Desa.

”Kegiatan ini merupakan wujud komitmen yang kuat untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, yang dikelola masyarakat “ kata Bachtiar.

Menurut Bachtiar, Keberadaan BUMDes memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kemakmuran dan kesejahetraan masyarakat Desa.

“Melalui kegiatan Rakor ini agar semua pemangku kepentingan turut membantu mengolah rencana kerja, yang dapat meningkatkan program-program unggulan BUMDesa,” ucap Bachtiar.

Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten Paser Hulaimi mengatakan Rakor yang baru digelar kali pertama ini salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pengurus-pengurus BUMDesa.

“Selama ini kita belum pernah mengadakan Rakor kepada pengurus-pengurus BUMDes yang ada di Kabupaten Paser, terkait pengelolaan dan peningkatan BUMDes tersebut “ ujar Hulaimi.

Dari 139 Desa di Kabupaten Paser lanjut Hulaimi, saat ini baru 54 BUMDes yang sudah terbentuk.

“Dari sejumlah BUMDes yang dibentuk masih ada beberapa yang belum aktif , ini disebabkan adanya kelemahan-kelamahan dari pengurus “ ungkap Hulaimi.

Oleh karenanya diharapkan kepada para Kepala Desa agar bisa memberikan bantuan dana untuk melakukan bimbingan teknis kepada pengurus-pengurus BUMDes tersebut.

“Kami berharap setiap Kepala Desa dapat mengalokasikan dana Bimtek untuk pengelola BUMDes, agar nantinya di setiap kegiatan administrasi maupun kegiatan-kegiatan BUMDes lainnya bisa berjalan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat “ harap Hulaimi. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *