Paser - November 28, 2019

Kodim Tanah Grogot Juara I Lomba Binter Tingkat Nasional

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kodim 0904 Tanah Grogot Kabupaten Paser ditetapkan sebagai juara I lomba bina teritorial (binter) yang dilaksanakan Mabes TNI Angkatan Darat (Mabes AD). Kodim Paser juara untuk kategori klasifikasi B, menyisihkan puluhan kodim dari berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini kami sedang gladi bersih untuk penerimaan juara lomba binter, besok (Jumat, 29 Noember). Acaranya di Mabes TNI AD,” kata Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, dihubungi di Tanah Grogot, Kamis (28/11).

Lomba binter merupakan ajang penilaian terhadap Kodim di berbagai daerah, dengan tipe dan klasifikasinya. Untuk kodim tipe A, adalah kodim yang berada di ibu kota atau kota besar. Tipe B yang berada di Kabupaten / Kota. Tipe C yaitu kodim di daerah perbatasan. Sedangkant kodim tipe D adalah kodim di wilayah rawan konfilik.

Wijanarko mengatakan, aspek penilaian pada lomba binter ini yakni komunikasi sosial (komsos) TNI dengan masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh adat, hingga komsos dengan unsur Forkopimda.

“Selain itu yang dinilai bina pertahanan wilayah seperti pembekalan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, bina satuan, bina pangkalan, dan bina materil kesatuan lainnya,” ujar Wijanarko.

Tim penilai dari Mabes TNI AD pada lomba binter ini, lanjut Wijanarko, juga melihat aspek lain yakni bakti sosial TNI dengan masyarakat dan Pemda, hingga pemberdayaan pemuda di daerah setempat.

“Beberapa waktu lalu Kodim telah menggelar lomba futsal. Aspek itu salah satu yang dinilai, sebagai bentuk bakti TNI di bidang olahraga dan pemuda,” ucap Wijanarko.

Wijanarko mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan di Desa Suliliran Baru, salah satunya membuka jalan pertanian desa sepanjang 4 Kilometer, adalah aspek lain yang dinilai.

“Penilaian sinergitas Kodim 0904 di bidang pertanian, yaitu dengan PT Kideco Jaya Agung, program Integrated Farming System, merupakan aspek penilaian yang cukup besar. Karena di sini ada sinergitas TNI dengan perusahaan,” kata Wijanarko.

Wijanarko mengatakan dengan prestasi yang diraih ini, akan menjadi motivasi bagi Kodim 0904 Tanah Grogot untu mengabdikan diri kepada masyarakat dan akan terus membantu serta mendukung dalam kemajuan Kabupaten Paser. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seorang Pria di Paser Ditemukan Kaku Tak Bernyawa

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Seorang pria berusia 49 tahun bernama Muhammadiyah d…