Artikel - GerbangKALTIM - GerbangNEWS - GerbangTNI - Paser - December 3, 2019

Kodim Paser Juara 1 Binter, Prestasi Siapa..?


SIRENE mobil pengawal dari satuan lalu-lintas Polres Paser terdengar meraung-raung tanpa henti sepanjang jalan raya yang dilintasi.  

Di belakang mobil pengawal itu, terlihat dua pria berpakaian loreng berdiri sambil memegangi  kotak kaca  yang diletakan di atap mobil berwarna hijau.

Di barisan belakang, berderet puluhan kendaraan ikut mengiringi perjalanan mobil pengawal tersebut menuju ke arah Kota Tanah Grogot. Di sepanjang jalan yang dilintasi konvoi itu, warga yang melihat tampak terpana mencari tahu.

“Kodim Juara 1 Binter Tingkat Nasional,” kata Kiki, jurnalis yang biasa meliput di Kota Tanah Grogot ini memecah ketidaktahuan warga.

Jumat,(29/11) lalu, Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Widjanarko menerima piala dari Kepala Staf Angkatan Darat  Jenderal TNI Andika Perkasa atas prestasinya meraih juara 1 lomba pembinaan teritorial (binter) tingkat  nasional untuk kodim tipe B.

Empat hari setelah menerima piala juara, tepatnya Selasa (3/12) Kodim 0904/TNG menggelar acara syukuran. Piala diarak keliling kota. Dimulai dari Hotel  Kryad  diarak keliling menuju Kota Tanah Grogot hingga finish di Markas Kodim 0904/TNG. Di sana, unsur Muspida sudah menunggu.

Ini kesekian kalinya Kodim 0904/TNG meraih prestasi. Dalam catatan digital media, Kodim 0904/TNG pernah meraih prestasi lomba pembinaan teritorial (binter) yang digelar Mabes TNI AD, diantaranya terbaik ke-2  binter  tingkat utama Nasional ke-XVIII  2012-2013 dan terbaik binter Tingkat Madya Nasional 2007.

Tentunya  prestasi yang telah diraih ini tak hanya menjadi kebanggaan keluarga besar Kodim 0904/TNG, tetapi juga masyarakat Kabupaten Paser karena nama daerah pun ikut terangkat.

Prestasi Siapa..??

Lomba pembinaan teritorial (Binter) merupakan aja penilaian bergengsi untuk mengukur kekuatan dan kelebihan setiap satuan TNI di kewilayahan dalam hal ini satuan Komando Distrik Militer (Kodim).

Dalam lomba binter ini  ada beberapa aspek yang dinilai  antara lain pemetaan wilayah, komunikasi sosial, pembinaan satuan dan bhakti TNI.

Dari berbagai  aspek penilaian dalam lomba binter ini tentu Tim Penilai dari Mabes TNI AD membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Akibatnya yang sering terjadi di lapangan dalam setiap lomba,   penilaian belum selesai namun pimpinan atau komandan Kodim-nya sudah berganti.

Dengan kondisi demikian,  jika kodim meraih prestasi  maka prestasi tersebut adalah rentetan  keberhasilan dari pimpinan kodim sebelumnya dan pimpinan kodim yang menggantikannya.

Pada lomba binter tahun 2019 kali ini salah satu aspek penilaian adalah  program  Bhakti TNI.

Menurut Dandim 0904/TNG Letkol Czi Widya Widjanarko,  Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilakukan di Desa Suliliran Baru, salah satunya membuka jalan pertanian desa sepanjang 4 Kilometer, merupakan  salah satu  aspek lain yang dinilai. 

Dan perlu diketahui bahwa program TMMD itu dilaksanakan pada saat Dandim 0904/TNG  dijabat Letkol Ardian  Patria Chandra.

Dengan demikian keberhasilan kodim 0904/TNG meraih predikat juara 1 lomba binter tingkat nasional  tahun 2019  adalah keberhasilan dan kesuksesan  bersama antara pimpinan sebelumnya dengan pimpinan sekarang. (erwe)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sekretaris PWI Paser ‘disiram air ” di Depan Kapolres..lhoo..?

BYUUR…..air muncrat dari botol plastik itu membasahi sekujur tubuh Rusdiansyah, sekretaris…