Uncategorized - December 4, 2019

Angka Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat, Satlantas Polresta Balikpapan Gelar Razia

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Satlantas Polresta Balikpapan meningkatkan razia pasca operasi Zebra Mahakam 2019, menyusul meningkatnya kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Balikpapan.

Kasat Lantas Polresta Balikpapan AKP Agung Ngurah Alit Saputra mengatakan untuk meminimalisir kecelakaan dan menigkatkan kedisiplinan berlalu lintas, pihaknya juga menggelar patroli blue light di pagi dan sore hari.

“Kami kembali gelar razia untuk meminimalisir kecelakaan. Patrol di pagi dan sore hari pun kami intensifkan,” kata AKP Agung Ngurah Alit Saputra di Balikpapan, Rabu (4/12).

Operasi Zebra Mahakam lanjut Agung, telah ditutup pada Bulan Nopember 2019 lalu, namun jumlah pelanggaran dan terjadinya kecelakaan lalu lintas pasca operasi justru meningkat.

“Makanya razia kendaraa roda dua dan roda empat kami lakukan,” ujarnya.

Pengaturan jalan, yang semula dilaksanakan pada malam hari, saat ini juga dilaksanakan di pagi hari mengingat padatnya arus lalu lintas di pagi hari.

Agung menerangkan, sosialisasi kepada masyarakat berupa kegiatan dikmas Penling Polwan juga dilakukan.

“Kami beri himbauan kepada masyarakat pengguna jalan agar lebih berhati hati dalam berlalu lintas. Ditambah lagi juga pemasangan spanduk peringatan di kawasan black sport atau rawan kecelakaan,” jelasnya.

Sementara berdasarkan data Satlantas Polresta Balikpapan, selama operasi zebra mahakam 2019, terdapat 2.222 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas. “Terjadi peningkatan pelanggaran sebanyak 27 persen dari target 2000 penindakan,” ujarnya.

Mayoritas kendaraan roda dua dengan jenis pelanggaran yang bervariasi, seperti tidak menggunakan helm dan melawan jalur. Selama berlangsung operasi ini angka kecelakaan hanya terjadi 1 kasus sedangkan tahun sebelumnya ada 3 kasus. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Seorang Pria di Paser Ditemukan Kaku Tak Bernyawa

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Seorang pria berusia 49 tahun bernama Muhammadiyah d…