TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kabupaten Paser akan memperbaiki prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2020 di Kota Bontang setelah hanya meraih peringkat delapan pada MTQ Tahun 2019.

Diketahui pada tahun 2019 ini Kabupaten Paser merupakan tuan rumah MTQ tingkat Propinsi Kaltim namun hanya mampu meraih peringkat delapan, atau lebih baik dari Kabupaten Mahakam Hulu dan Kutai Barat.

“Seperti diketahui, Kabupaten Paser pada MTQ Kaltim tahun 2019 meraih peringkat 8. Semoga MTQ ini menjadi motivasi untuk lebih baik di MTQ tahun depan,” kata Sekda Paser Katsul Wijaya saat membuka MTQ Ke-45 Tingkat Kabupaten Paser, di arena MTQ Kuaro, Minggu (8/12) malam.

Katsul mengatakan penyelenggaraan MTQ Paser kali ini diharap dapat menjadi motivasi bagi Kabupaten Paser untuk meraih prestasi lebih baik di MTQ Tingkat Propinsi Kaltim tahun 2020 di Kota Bontang.

Penyelenggaraan MTQ ke-45 Paser ini memperlombakan 54 cabang lomba yang diikuti ratusan peserta dari 10 kecamatan.

Mengusung tema ‘bersama kita wujudkan generasi qurani yang unggul cerdas dan berakhlak mulia’, kata Katsul, MTQ yang digelar itu bertujuan untuk menciptakan generasi islami yang mempraktekan Alquran dalam kehidupan sehari hari.

“Semoga di MTQ ini dapat menciptakan generasi yang islami,” kata Katsul.


Pada MTQ Paser yang digelar beberapa hari kedepan ini juga ditetapkan Dewan Hakim. Abu Bakar Syam ditetapkan Sekda Paser sebagai Ketua Dewan Hakim.

Camat Kuaro M Sidik mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya MTQ ini.

“Kepada semua pihak, panitia, perusahaan yang telah mendukung kegiatan ini, terima kasih,” ucap Sidik.

Pada gelaran MTQ ke-45 tingkat Kabupaten Paser tahun 2019 ini akan dilombakan diantaranya  8 jenis nomor perlombaan yaitu Tilawah Golongan Anak-Anak, Remaja dan Dewasa, Tilawah Golongan Qiroat.

Selain itu ada cabang lomba Tahfidz Golongan 1 Juz plus Tilawah dan 5 Juz plus Tilawah, Tahfidz Golongan 10, 20, hingga 30 juz.

Cabang Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Kaligrafi Al Qur’an dan Makalah Al Qur’an pun turut diperlombakan.

Pembukaan MTQ ke-45 Paser ini dihadiri pejabat lingkup Paser, unsur Forkopimda,  dan masyarakat setempat. (Gk)