Ratusan Remaja Kaltim Antusias Ikuti Audisi Lida 2020

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 354 remaja asal Kalimantan usia 14-25 tahun mencoba keberuntungannya menjadi penyanyi dangdut tanah air melalui ajang pencarian bakat Liga Dangdut (LIDA) 2020 yang digelar Indosiar-SCTV di kota Balikpapan.

Audisi Ijin dilaksanakan di gedung Kesenian Balikpapan (GKB), Kaltim, Minggu  pagi (8/12/2019).

Ratusan remaja ini rela antri sejak pagi hari, mereka ada yberasal Balikpapan dan sekitarnya seperti Samarinda, Kukar, Kutim, PPU, Paser, Bontang dan kota lainnya.

Rizki Maharani (18)peserta asal Kabupaten Paser motivasinya ikut Lida 2020 ini yakni ingin mengubah kehidupannya dan membanggakan orangtua serta membuktikan kepada orang-orang yang memandangnya sebelah mata selama ini.

“Melalui ajang ini saya ingin buktikan saya bisa. Sehari-hari saya nyanyi dari panggung ke panggung, saya juga punya alat elektone sendiri, bahkan bernyanyi  sudah sejak kelas V,” tuturnya Rizki saat akan mengikuti video both, (8/12/2019).

Tahun 2018 lalu, Rizki Maharani juga mengikuti kegiatan yang sama di Samarinda, namun gagal. “Audisi ini kali kedua saya ikut, dan Alhamdulillah lolos masuk video both,” ujarnya.

Rizki berharap dapat bisa lolos mewakili Kaltim karena hanya 2 orang saja yang diambil dari ratusan peserta.

“Saya siapkan mental mas, tadi pas tampil saya bawakan 3 lagu, payung hitam, pandangan pertama. Ada perasaan gugup, padahal sering  tampil kalau di kampung dihadapkan banyak orang, tapi kali ini satu orang saja,” paparnya.

Panitia memberikan saran kalau di video both pakai goyangnya. “Kedatangan kali ini sudah dapat rest orang tua dan datang ke Balikpapan bersama keluarga,” ujarnya.

Produser LIDA 2020 Indosiar, Agung Fitri Susilo mengatakan, LIDA 2020 di Balikpapan Kaltim merupakan audisi terakhir yag sudah memasuki pekan ke 12.

“Audisi ini sudah memasuki tahun ketiga yang dilaksanakn pertengahan Januari. Kita audisi ada di 34 provinsi. Balikpapan masuk ke week 12 barengan dengan Palu. Sabtu ada juga di Kupang. Setelah ini kita langsung audisi ke Jakarta,” jelasnya.

Perbedaan Lida Tahun ini dengan tahun lalu adalah diperbedaan usia yang dimulai dari umur 14-25 tahun sedangkan tahun lalu 15-25 tahun.

“Di umur 14 tahun ini Lida banyak dapat potensi dangdut  yang benar-benar bagus,” ujarnya.

Untuk Kota Balikpapan sudah dua kali digelar yakni tahun 2017 dan tahun 2018 di Kota Samarinda serta 2019 ini audisi digelar di Balikpapan

“Luar biasa animo masyarakat khususnya di Balikpapan dari tahun ke tahun tidak pernah sepi ramai banget, dan harus diakui Balikpapan itu keren,” jelasnya.

PR Indosiar, Nawang Wulansari mengatakan, dalam audisi di Kaltim tahun 2019 ini, jumlah peserta mendaftar hingga penutupan sebanya 354 peserta.

“Peserta harus datang, namun demikian juga dibuka audisi online bagi peserta jauh dari tempat audisi,” ujarnya.

Mereka yang lolos akan tampil di TV Indosiar pada pertengahan Januari, beradu dengan peserta lainya dari 34 provinsi. proses audisi hingga lolos audisi mereka tanpa dipungut bayaran termasuk saat mereka akan diboyong ke Jakarta.

“Januari sudah ada nama-nama yang lolos, tahun lalu ada 88 orang. Dan nantinya ada perwakilan dari tiap provinsi 2 atau 3 orang. finishing di jakarta. akhir Januari sudah on air,” ujarnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *