Paser - December 10, 2019

Setelah Kladen, Transmigrasi Bakal Masuk ke Random dan Segendang

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser Sancoyo mengatakan terdapat dua desa yang sudah siap menanti program transmigrasi, setelah sebelumnya program serupa telah dilaksanakan di Desa Kladen Kecamatan Tanjung Harapan tahun 2018 lalu.

Kedua desa tersebut kata Sancoyo yakni Desa Random di Kecamatan Tanjung Harapan dan Desa Segendang di Kecamatan Batu Engau.

“Di Kladen sudah, desa sekitarnya setelah kita bangun nunggu, pengen juga. Kayak Random dan Segendang,” ujar Sancoyo di Tanah Grogot, Selasa (10/12).

Program transmigrasi merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bertujuan untuk melakukan pemerataan penduduk di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2018, terdapat 40 Kepala Keluarga (KK), berasal dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Banten, dan Lampung. Setiap KK mendapatkan lahan 2 hektar yang diwajibkan digarap untuk kegiatan pertanian.

Sancoyo mengatakan secara keseluruhan terdapat 200 hektar lahan diperuntukkan program transmigrasi atau yang telah ditetapkan menjadi Hak Pengelolaan Lahan (HPL). Dengan demikian, masih ada 120 hektare lahan yang tersedia.

“Kewajibannya garap lahan dan menerima jaminan hidup. Tahun lalu ada 40 KK, insya Allah program ini berlanjut,” ucap Sancoyo.

Sancoyo berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan tujuan pemerintah untuk memeratakan penduduk dapat terlaksana.

“Semoga program ini berjalan dengan baik dan Paser menjadi lebih ramai. Program ini semoga bisa merubah Paser ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pemkab Paser – DPRD Kaltim Evaluasi Serapan Bankeu Senilai Rp433 Miliar

PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser bersama Komisi III DPRD Kaltim mengg…