TNI Paser Menjaga Tradisi Nugal Bersama Warga Muara Kuaro

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Jajaran TNI di Kabupaten Paser turut mengikuti kegiatan nugal bersama warga Desa Muara Kuaro Kecamatan Muara Komam, Senin (9/12). Nugal merupakan menanam padi gunung yang dilakukan warga secara gotong royong.

“Karena sudah masa tanam padi, kami ikut nugal bersama. Ini tradisi masyarakat yang turun-temurun lama dikerjakan,” kata Danramil Muara Komam Kapten Kav Mustaqim, Selasa (10/12).

Menjadi tradisi yang sudah lama dipelihara, nugal dilakukan sebagai bentuk kebersamaan warga dalam menanam padi. Prosesnya diawali dengan melubangi tanah menggunakan sebatang kayu runcing.

Tahap selanjutnya yakni menabur benih di lubang tersebut. Proses tabur benih padi umumnya dilakukan para wanita yang turut membantu proses nugal ini.

Setelah kegiatan nugal yang dilakukan seharian, biasanya pemilik lahan akan memberikan makan warga, sebagai bentuk terima kasih karena telah membantu menanam padi.

Kapten Kav Mustaqim mengatakan meski peran TNI dalam membantu petani masih belum maksimal, ia berharap keikutsertaanya dalam tradisi nugal dapat bermanfaat.

“Walaupun peran kami masih kurang, saya harap bantuan kami ini dapat bermanfaat bagi mereka” ujar Mustaqim. (Ral/Jya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *