Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Jokowi : Untuk Percepat Akses Ibu Kota

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Presiden Jokowi meresmikan jalan tol pertama di Pulau Kalimatan, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Tol ini akan jadi cikal bakal pembangunan infrastruktur lainnya guna mengembangkan suatu kawasan ekonomi terpadu.

“Alhamdulillah pembangunan seksi 2,3,4 jalan tol Balikpapan ke Samarinda hari ini telah selesai dan bisa dimanfaatkan dari lima seksi artinya dari lima seksi yang telah selesai tiga seksi sepanjang 57,8 km. Dari total 99,3 km. Jadi kurang dua seksi lagi yaitu seksi 1 dan 5,” kata Jokowi di Gerbang Tol Samboja saat meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (17/12/2019).

Jokowi mengatakan tol pertama di pulau Kalimatan di harapkan akan mempercepat pembangunan dan mobilitas barang logistic.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda ke Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih 3 jam. Enam jam PP berarti tiga jam. Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau 1 jam seperempat,” tegas Jokowi.

Kemudian ia juga berharap tol ini akan menciptakan kesinambungan yang saling melengkapi. Tidak hanya itu, ia juga berharapakan mendorong kawasan produksi.

“Seperti industri di sektor kelapa sawit, komiditas batubara minyak gas dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kwasan distribusi,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga meminta berharap dengan adanya tol tersebut dapat mempercepat akses di kawasan ibu kota baru. Sehingga di tahun 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru sudah mulai disiapkan.

“Sehingga menyambungkan ke kawasan ibukota dan saya minta agar pada 2020 jalan menuju kawasan ibukota baru sudah mulai disiapkan dan betul betul tersambung antara jalan tol balikpapan samarinda dan ke kawasan ibukota,” jelasnya.

Diketahui, Jalan tol ini terdiri atas 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,025 km). Lalu, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,975 km), Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran (17,300 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (17,550 km), dan Seksi V Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,500 km).

Pembangunan Seksi I dan V dengan total panjang 33,115 Km melalui pendanaan oleh Pemerintah. Namun untuk pelaksanaan pembangunannya diserahkan kepada PT JBS.

Sementara Pembangunan Seksi II, III, dan IV sepanjang 66,235 km dibiayai sekaligus dilaksanakan oleh PT JBS. Saat ini, Seksi II, III dan IVa sedang dalam proses pra uji laik fungsi. Sementara Seksi I sampai dengan IV juga ditargetkan akan beroperasi fungsional pada Desember 2019. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *