Pastikan Kelancaran Mudik Natal dan Tahun Baru, Bandara Sepinggan Buka Posko Terpadu

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Demi menjaga kelancaran operasional di Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Angkasa Pura I Balikpapan resmi membuka Posko Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU) pada Selasa, 18 Desember 2019.

Pembukaan Posko Nataru dilaksanakan di area Lobby Keberangkatan dipimpin langsung General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha dan dihadiri Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Perum LPPNPI (AirNav), BASARNAS, BMKG, CIQ, Maskapai Penerbangan, Ground Handling, PT. Asuransi Jasindo, Senkom, Orari dan Unsur keamanan.

Pada pelaksanaan Posko Nataru 2019/2020, Farid mengatakan demi memastikan keamanan dan kenyamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dibuka posko Nataru selama 19 hari yakni dimulai tanggal 19 Desember 2019 sampai dengan tanggal 6 Januari 2020.

“Posko Nataru ini melibatkan sebanyak 109 personil yang tergabung bersama stakeholder unsur penerbangan, keamanan dan organisasi. Setiap harinya yang akan betugas sebanyak 37 personil dibagi 3 shift,” kata Farid.

Lebih lanjut Farid mengungkapkan Posko Nataru di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk dapat juga memonitoring jika ada penerbangan extra flight sehingga ada penambahan jam operasional nantinya, selain itu terkait kelancaran diarea sisi udara semua pekerjaan termasuk overlay dapat dihentikan sementara dan inspeksi rutin harian diarea Bandara SAMS Sepinggan dimaksimalkan secara intensif.

Mengenai dengan perkiraan puncak arus penumpang serta antisipasi kemungkinan delay, Farid menyampaikan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beserta seluruh instansi terkait telah melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan bandar udara dalam mengantisipasi penumpukan penumpang dan penerbangan.

Adapun arus mudik Nataru tahun 2018/2019 lalu tercatat sebanyak 3.098 pesawat dan 343.139 penumpang yang datang berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan dan diprediksi untuk nataru 2019/2020 jumlah pesawat akan turun sekitar 8% yakni 2.847 pesawat dan penumpang turun 20,31% atau sebanyak 273.441 penumpang.

Meskipun penumpang turun ditahun ini pelayanan tetap dimaksimalkan, salah satunya dengan membentuk posko Nataru.

“Untuk maskapai di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan belum ada yang mengajukan extra flight,” ujarnya.

Farid menambahkan puncak arus kepadatan penumpang Nataru tahun ini diprediksi puncak keberangkatan terjadi pada tanggal 21 Desember 2019 dengan perkiraan melayani 8.948 penumpang dan puncak kedatangan 5 Januari 2020 sebanyak 9.414 penumpang.

Terkhusus antisipasi yang dilakukan Angkasa Pura I Balikpapan untuk keselamatan penerbangan memasuki musim penghujan dengan memastikan pemeliharaan dan pergerakan diarea sisi udara, setiap dua kali sehari melakukan inspeksi runway. Selain itu beberapa waktu lalu pasca bom bunuh diri di Medan peningkatan pengamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diperketat pada jalur akses masuk dan keluar serta berpatroli area sekitar Bandara.

“Semoga arus mudik Nataru di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sejauh ini berjalan dengan aman dan lancar, penumpang mendapatkan perhatian yang lebih selama dibentuknya posko Nataru,” tukas Farid. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *