Jamin Pasokan Listrik Selama Natal dan Tahun Baru, PLN Siagakan Ratusan Petugas

BALIKPAPAN, Gerbangkaltimcom -Menjelang momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, PLN jamin kenyamanan masyarakat dengan suplai listrik yang handal. Seluruh elemen yang mendukung kelancaran suplai listrik seperti jaringan, peralatan kerja, dan tim siaga seluruhnya disiapkan untuk melayani 1,17 juta pelanggan yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Hal ini disampaikan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kaltimra (UIW Kaltimra), Sigit Witjaksono, dalam momen Apel Siaga Natal dan Tahun Baru 2020 tahun 2019 di Tarakan (20/12).
 
Keandalan seperti yang disampaikan Sigit diwujudkan dengan kesiapan pasokan listrik dan piket siaga Natal dan Tahun Baru 2020 yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Terdapat 33 posko siaga Natal dan Tahun Baru tersebar di Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, Berau hingga Tarakan, dengan 763 personil yang terdiri dari petugas pelayanan teknik dan petugas jaga. Piket siaga ini diberlakukan mulai 18 Desember 2019 (H-7) hingga ‪8 Januari 2020‬ (H+7).
 
Sigit mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab PLN dalam mengamankan pasokan listrik karena dalam momen perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 akan terjadi peningkatan jumlah pemakaian tenaga listrik pada saat bersamaan.
 
“Masyarakat dalam jumlah besar akan melaksanakan ibadah, juga biasanya menjelang momen pergantian tahun akan banyak panggung hiburan masyarakat. Disinilah kelancaran distribusi listrik harus dijamin, dan kami akan siapkan untuk itu. Kami juga akan melakukan pengamanan terhadap instalasi kelistrikan yang juga berdampak langsung kepada suplai listrik untuk masyarakat”, jelas Sigit.
 
Bentuk kesiagaan PLN seperti yang diterangkan oleh Sigit diwujudkan dalam tersedianya 19 Unit Gardu Bergerak (UGB), 60 genset di kantor-kantor PLN, serta 19 Uninterruptible Power Supply (UPS), juga didukung dengan ratusan unit kendaraan bermotor untuk mobilisasi petugas siaga demi percepatan pemulihan apabila terjadi gangguan.
 
Lebih lanjut, kata Sigit, persiapan pengamanan ini diberlakukan di wilayah kerja PLN UIW Kaltimra yang meliputi 2 Provinsi, 15 Kota/Kabupaten, dan 156 Kecamatan. Dalam momen ini PLN UIW Kaltimra akan melayani suplai listrik untuk 242 Gereja yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sistem kelistrikan di Kalimantan Timur saat ini berjalan dengan sistem interkoneksi bernama Sistem Kalimantan Selatan-Tengah-Timur dengan daya mampu hingga 1550 MW. Sistem kelistrikan inilah yang saat ini menyuplai kebutuhan listrik untuk Kalimantan Timur, meliputi Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Bontang, hingga Sangatta, dengan beban puncak berkisar 460 MW. Sementara di Kalimantan Utara akan berjalan dengan sistem isolated sesuai wilayahnya. Sigit mengatakan bahwa pasokan listrik dipastikan cukup dan tidak akan ada kekurangan daya.
 
Sigit juga menghimbau seluruh petugas untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja selama melakukan pekerjaan. Tak lupa ia juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para petugas siaga yang sudah mengamankan pasokan listrik selama kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada 17-19 Desember kemarin.
 
“Saya ucapkan selamat bekerja kepada rekan-rekan sekalian, jadikanlah ini bagian dari ibadah. Selanjutnya, mari kita berdoa demi kelancaran distribusi listrik sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 bagi masyarakat dapat berlangsung nyaman”, tutupnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *