Kodam Mulawarman Gelar Upacara Bendera Sambut Hari Ibu

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kapok Sahli Pangdam VI/Mlw Kolonel Inf Djauhari, S.E., M.M. bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di lapangan Upacara Makodam VI/Mlw. Balikpapan, Senin (23/12).

Dalam amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dibacakan oleh Inspektur upacara disampaikan bahwa pelaksanaan Peringatan Hari Ibu mengingatkan kita tentang perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

Hakikat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

”Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Untuk itu sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah tersebut, PHI ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional, sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri.” Ucapnya diakhir amanat.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino menyampaikan bahwa peringatan Hari Ibu bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat perspektif “Perempuan Berdaya” dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai sebuah bentuk kesetaraan dalam peran yang bertujuan mewujudkan harmoni antara laki-laki dan perempuan.

Yang terlihat berbeda dalam pelaksanaan upacara Hari Ibu ke 91, seluruh petugas upacara diawaki oleh para Kowad jajaran Kodam VI/Mulawarman sebagai bagian dari apresiasi khusus terhadap kaum wanita dalam memperingati Hari Ibu. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *