TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Kodim 0904 Tanah Grogot Kabupaten Paser pada tahun 2020 memprogramkan kegiatan ‘Sedekah Sampah’, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan bakti sosial masyarakat.

Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko mengatakan sampah yang bisa didaur ulang akan dikumpulkan dan dijual ke bank sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Hasilnya akan kita gunakan untuk kegiatan bakti sosial. Dalam hal ini kami melibatkan babinsa dan anggota Binsik (pembinaan fisik) sebanyak 150 orang,” kata Widjanarko di Tanah Grogot,  Rabu (1/1).

Sampah yang ada di setiap kecamatan lanjut Wijanarko,  akan dikumpulkan oleh babinsa, kemudian dipilah mana yang bisa didaur ulang.

“Ini juga salah satu upaya TNI untuk mengurangi sampah dan memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang,” ucap Wijanarko.

Selain kegiatan sedekah sampah, pada tahun ini Kodim 0904 Tanah Grogot juga akan melanjutkan program bakti sosial yang kaitannya dengan lingkungan, yakni bantuan pembuatan jamban bagi warga tidak mampu.

“Kegiatan jambanisasi tetap akan kita lanjutkan. Bagi warga yang tidak memiliki jamban, TNI siap membantu untuk membuat jamban,” ujar Wijanarko.

“Sehingga dengan begitu masyarakat kita bisa hidup bersih,” imbuhnya. (Jya).