BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Perayaan pergantian malam tahun baru di Kota Balikpapan dilakukan dengan menggunakan kembang api di sejumlah tempat keramaian seperti hotel dan pusat perbelanjaan yang telah mengantongi izin penggunaan.

Pesta kembang api yang dilaksanakan di hotel dan pusat perbelanjaan pada perayaan pergantian tahun 2019 ke 2020 dengan kembang api tercatat sebanyak 5.231 batang kembang api atau tembakan pesta kembang api ke langit.

Di Balikpapan Setidaknya ada empat tempat yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat yakni Hotel Aston lantai 22 sebanyak 1.350 kembang api, Hotel Grand Tiga Mustika lantai 8 sebanyak 800 batang kembang api, Swiss Belhotel lantai 8 sebanyak 1000 kembang api dan terbanyak di kawasan e Walk Pentacity Balikpapan Super Block lantai 8 sebanyak 2.081 kembang api.

Ribuan warga memadati Jalan Jenderal Sudirman E Walk satu jam sebelum perayaan malam pergantian tahun pukul 00.00 wita, warga berdatangan untuk menyaksikan pesta kembang api. Sedangkan warga yang berada dipusat perbelanjaan bisa langsung menyaksikannya di Aqua Boom Pentacity Balikpapan.

Pengelola BSB juga menggelar berbagai hiburan bagi pengunjung yang datang mulai nyanyian, tarian hingga penampilan DJ, serta door prize bagi pengunjung yang beruntung.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kawasan Aqua Boom di lokasi ini juga digunakan pengunjung sambil berenang untuk menikmati hiburan malam tahun baru dan pesta kembang api.

“Senang dan bagus sekali disini, kembang api lama juga sekitar 30 menitan. kayak disini paling lama pesta kembang apinya,” tutur Tika dan Julius warga yang datang ke BSB untuk menikmati pergantian tahun.

Tepat ‪pukul 00.00 wita saat pergantian tahun pesta kembang api langsung dimulai, pesta kembang api ini sendiri berlangsung selama 30 menit dengan diiringi suka cita pengunjung yang meniupkan terompet tahun baru.

GM Pentacity dan E Walk Mal BSB Yudi Saharudin mengatakan pesta kembang ini merupakan agenda tahunan. Hanya saja tahun ini jauh lebih meriah karena seluruh bagian dari komplek mall digunakan untuk kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksankan manajemen sejak awal Desember 2019 lalu,” ujarnya. (mh/gk)