Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,— Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, S.I.K., turut hadir dalam acara Penanaman Pohon Mangrove dalam gerakan #PolriPeduliPenghijauan yang dicanangkan Polri dipimpin langsung Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H., di Pantai Lamaru, Balikpapan Timur, Jumat pagi (3/1/2020).

Ini aksi ketiga kalinya yang dilakukan Polda Kaltim dalam 3 hari berturut-turut dimana sebelumnya dilaksanakan penanaman pohon di Mapolda Kaltim dan Markas Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim Km 13 Balikpapan Utara.

Sebanyak 600 bibit mangrove telah disiapkan ditepi lobang-lobang tanam di sepanjang pantai lamaru, turut hadir dalam giat tersebut Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si, Pejabat Utama Polda Kaltim, Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Timur Ny. Diana Muktiono, Pengurus Bhayangkari Daerah Kaltim dan perwakilan Satker jajaran Polda Kaltim.

Dansat Brimob menegaskan bahwa Penanaman mangrove ini semata-mata untuk melakukan reboisasi bibir pantai yang diharapkan dapat mengurangi abrasi garis pantai oleh ombak laut yang dapat membahayakan wilayah pesisir pantai Lamaru. Mencegah adanya abrasi dan mendapatkan keutungan ekonomi bagi masyarakat sekitar, dan juga mendapatkan oksigen lebih banyak.


“Mari kita awali awal tahun 2020 ini dengan kegiatan positif yang tentunya dapat memberikan impact baik untuk kita semua di masa depan. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mendorong masyarakat sekitar untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan, tagline Polda Kaltim Peduli Penghijauan ialah ayo tanam dan pelihara pohon untuk masa depan generasi kita,” pungkas Dansat Brimob. (MA)