Milad Ke-18, Bergalang Balikpapan Santuni Anak Yatim

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,– Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-18, Forum Komunikasi Warga Bergalang (Brebes, Tegal, Batang dan Pemalang) Kota Balikpapan menggelar syukuran di aula Rumah Dinas Ketua DPRD Balikpapan Jalan ARS Muhammad Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (05/01/2020).

Tasyakuran atau Milad yang dikemas dalam pengajian umum, sholawat dan doa bersama ini dihadiri ratusan warga Bergalang Balikpapan, Pembina Bergalang Balikpapan Rendi S. Ismail, istri Wali Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi, Ketua Paguyuban Balikpapan, Leo Sukoco, Ketua Umum Paguyuban Ngapak Kaltim Selamat Giat Santosa, anak yatim dari perwakilan panti asuhan serta lainnya.

Dalam acara ini, juga dilaksanakan penyerahan santunan kepada puluhan anak yatim dari sejumlah panti asuhan oleh pengurus Forum Silaturahmi Warga Bergalang dan tokoh masyarakat Kota Balikpapan, diawali oleh Ketua Bergalang Balikpapan, Suntoro.

Tak hanya itu, pemotongan tumpeng juga dilakukan oleh Suntoro, menandai usia Bergalang Balikpapan telah menginjak dewasa, yakni 18 tahun. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada istri Wali Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi disaksikan para pengurus dan anggota Bergalang Balikpapan serta tamu undangan lainnya.

Ketua Bergalang Balikpapan Suntoro mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini merupakan momen tahunan. Dan hari ini Paguyuban Bergalang Balikpapan merayakan Miladnya yang ke-18 tahun. Kegiatan ini dirangkai dengan pengajian umum, pembacaan sholawat dan doa bersama.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan aman dan lancar. Kami berharap dengan kegiatan ini kita semakin eksis, semakin solid, dan semakin bermanfaat, terutama untuk warga Paguyuban Bergalang Balikpapan, serta masyarakat pada umumnya,” kata Toro, sapaan akrab Suntoro disela-sela kegiatan.

Menurut Toro, melalui kegiatan ini dirinya juga mengajak warga Bergalang Balikpapan untuk mempererat tali silaturahmi, atau tali persaudaraan sesama umat muslim, terutama warga Balikpapan. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga Bergalang Balikpapan untuk senantiasa mengevaluasi diri, karena di 2020 ini merupakan tahun politik yakni adanya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Di tahun 2020 ini mau tidak mau kita akan melewati tahun politik, yakni pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan. Untuk itu, kami mengimbau warga Bergalang Balikpapan untuk menggunakan hati nurani saat menyalurkan hak pilihnya,” tambah Toro.

Dia juga mengajak warga Bergalang Balikpapan untuk tetap jeli dan waspada dalam mengikuti perkembangan berita-berita yang belum jelas kebenarannya.

Sementara itu, Pembina Bergalang Balikpapan Rendi S. Ismail mengajak seluruh warga Balikpapan, khususnya warga Bergalang, untuk tetap kompak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Balikpapan mengingat Pilkada Balikpapan tak lama lagi digelar.

“Mendekati Pilkada Balikpapan, kami mengajak masyarakat Balikpapan, utamanya warga Bergalang Balikpapan untuk tetap kompak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jangan mudah terpecah belah hanya karena berbeda pilihan,” pesan Rendi.

Milad ke-18 Bergalang Balikpapan dimeriahkan dengan tampilnya grup Hadrah Syabab Tasbih serta ceramah agama Islam. Tausiyah yang mengangkat tema tentang silaturahmi dan kebersamaan seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ini disampaikan oleh KH. Maulana Haris Abdillah ST.MM.

(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *