Walikota Balikpapan Tetapkan Status Tanggap Darurat Kebakaran Aspol Wisma Segara

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Pemerintah Kota Balikpapan menyatakan status tanggap darurat menyusul terjadinya musibah kebakaran yang terjadi di Asrama Polisi Wisma Segara, Pasar Baru Klandasan Ulu, Balikpapan Sabtu (11/01/2020) pukul 11.00 Wita.

Selain itu Pemkot Balikpapan juga akan memberikan bantuan makanan dan kebutuhan sehari-hari kepada para korban, untuk seminggu ke depan.

Selain itu, Pemkot Balikpapan juga mendirikan posko darurat bencana di lokasi kebakaran. Posko ini untuk memenuhi kebutuhan para korban kebakaran dan menerima bantuan dari warga yang prihatin dan pedui terhadap para korban kebakaran ini.

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi mengatakan, Pemkot Balikpapan menyatakan prihatin terhadap musibah yang terjadi. “Untuk jangka pendek kami akan memberikan bantuan logistik dan tempat tidur,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi mengatakan pendataan akan dilakuan dan akan dilakuan terhdap para korban. Pihaknya juga akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran, dan memasang garis polisi di lokasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, 14 bidak di Wisma Segara Asrama Polisi di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan, Kalimantan Timur habis dilalap si jago merah, Sabtu (11/01/2020).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun total kerugian ditasir ratusan juta rupiah. Lokasi api bermula dari blok B asrama. Kemudian dengan cepat merambat hingga ke blok A.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal S. Sitanggang, SIK bersama Satgas Tanggap Bencana Satbrimob Polda Kaltim langsung turun ke lokasi. Terlihat unit mobil AWC (Armored Water Canon) atau biasa disebut water canon didatangkan untuk membantu petugas pemadan kebakaran.

Dansat Brimob mengungkapkan akibat dari kebakaran tersebut setidaknya ada sekitar 14 KK kehilangan tempat tinggal. Tidak ada korban jiwa, untuk total kerugian material dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan.

“Tidak ada korban jiwa namun ada sekitar 14 KK yang kehilangan tempat tinggal. Untuk penyebab sumber kebakaran masih dalam proses penyelidikan,” terang Dansat Brimob

“Dihimbau kepada warga untuk waspada terhadap kebakaran yang mungkin terjadi. Periksa secara berkala instalasi listrik yang ada di rumah ataupun jangan lupa mematikan api baik pada tungku maupun kompor sehingga mampu terhindar dari kebakaran. Dan apabila terjadi bencana segera melapor ke Posko Satgas Tanggap Bencana Satbrimob Polda Kaltim di nomor 0811545805” pungkasnya.

(mh/gk)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *