PASER, Gerbangkaltim.com – Ropi’i Wartono kembali terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) perwakilan Paser untuk periode 2020-2023, melalui konferensi kabupaten yang digelar Sabtu (25/01/2020).

Konferensi ini dihadiri Wakil Ketua PWI Kaltim Bidang Organisasi Achmad Ridwan, Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra, Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesra Boy Susanto, dan sejumlah perwakilan forkopimda.

Melalui konferensi ini, Ropi’i terpilih secara aklamasi disebabkan tidak ada anggota lain yang memenuhi persyaratan untuk menjadi jabatan ketua.

“Untuk jabat ketua harus anggota dan sudah dinyatakan lulus dalam Uji Kompetensi Wartawan atau UKW,” kata Wakil Ketua PWI Kaltim Bidang Organisasi Achmad Ridwan.

Oleh karena itu dalam kepengurusan PWI Paser tiga tahun kedepan, pengkaderan dan peningkatan kapasitas harus menjadi program prioritas.

“Harapannya UKW menjadi program prioritas kedepan, karena wartawan harus teruji. Ajak wartawan lain untuk bergabung PWI,” kata Ridwan.

Di Kaltim, kata Ridwan, tercatat terdapat 340 wartawan dan 306 diantaranya telah lulus UKW.

Perwakilan PWI Kaltim di 10 Kabupaten/Kota sudah terbentuk kecuali di Kabupaten PPU, Kutai Barat dan Mahakam Hulu.

Ketua PWI Paser Ropi’i mengatakan di bawah kepengurusannya, PWI akan fokus pada perekrutan anggota baru dan peningkatan kompetensi.

“Tiga tahun kami fokus rekrut anggota dan meningkatkan kompetensi anggota,” ucapnya. (Jya)