Ormas Siap Berperan dalam Pembangunan Ibukota Negara Baru

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,– Ribuan simpatian dan pengurus 9 ormas yang tergabung dalam Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan yang terdiri dari Gepak Kuning, LPADKT, Koppad, Gasak Libas, Macan Borneo, GP Anshor, KKBKT, KPADK dan KMK hadir memeriahkan Hut Ke 2 Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan, di Hotel Benakutai, Balikpapan Sabtu (25/01).

HUT ke 2 Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan kali ini mengambil Tema “ Kami Siap Berperan Aktif Menyambut dan Mengawal Ibu Kota Negara Yang Baru”

Kegiatan ini dihadiri Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi, Dirintelkam Polda Kaltim Kombes Pol Gatut Kurniadin, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, dan Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabarudin Panrecalle.

Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi didampingi isteri Arita Rizal Effendi juga mendapatkan kehormatan menerima potongan tumpeng pertama yang dilakukan Koordinator Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan Nasion Lasung yang diserahkan Ketua Gepak Kuning Suriansyah.

“Sesuai tema yang dibangun Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan Siap Berperan Aktif Menyambut dan Mengawal Ibu Kota Negara Yang Baru, maka Pemkot Balikpapan meminta orams dan okp ini bisa berperan dalam pengembangan seni dan kebudayaannya, termasuk kearifan lokal yang dimiliki sejumlah suku asli Kalimantan,” ujar Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi.

Rizal juga menambahkan, dalam waktu dekat Presiden RI Jokowi akan kembali dating ke Balikappan Kaltim dengan membawa pemenang desain ibu kota baru Nusa Rimba Raya.

“Dalam kesempatan pertemuan dengan Bappenas dan Presiden saya selalu sampaikan agar ciri khas budaya lokal juga harus di tampikan dalam IKN baru nantinya,” jelas Rizal.

Ketua Ormas Koppad Borneo Abriantinus mengatakan, warga Kalimantan mengingikan juga bisa berperan aktif dalam pembangunan IKN yang baru di pulau Kalimantan, warga suku asli tidak hanya ingin jadi penonton dalam pembangunan ini.

“Kami minta pemerintah juga memberikan kesempatam yang seluas-luasnya bagi putera puteri Kalimantan yang memiliki kemampuan dalam pengemban IKN,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan, Nasion Lasung mengatakan, memonten dua tahun kehadiran Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan ini, juga bertepatan dengan akan dipilih koordinator aliansi yang tiap dua tahun sekali harus ada pergantian.

“Dan salah satu komitmennya siapa pun yang terpilih nantinya, maka sebagai koordinator harus bisa memabawa Aliansi Ormas Daerah dan OKP Kota Balikpapan berperan dalam pembangunan IKN di Kabupaten PPU dan Kutai Kerta Negara,” ujarnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *