Bulan K3 Nasional, Angkasa Pura I Balikpapan Gelar Sosialisasi Pertolongan Pertama

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com -Salah satu bentuk kepedulian dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Bandara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Angkasa Pura I Balikpapan tingkatkan pengetahuan melalui sosialisasi pertolongan pertama kepada korban sebelum ditangani tenaga medis atau rumah sakit.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Angkasa Pura I Balikpapan dihadiri oleh internal Angkasa Pura I Balikpapan dengan mengandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai pemateri BHD.

Pertolongan pertama korban atau disebut juga Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah usaha yang dilakukan untuk menjaga jalan nafas tetap terbuka, menunjang pernafasan dan sirkulasi tanpa menggunakan alat-alat bantu.

Farid Indra Nugraha, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengatakan “Sosialisasi ini dianggap penting karena salah satu cara untuk membantu korban sekitar kita jika ada kejadian yang membutuhkan penanganan pertolongan pertama, maka dari itu kami menggelar kegiatan sosialisasi mengenai Bantuan Hidup Dasar “.

“Saya berharap agar bisa diikuti dengan baik, sehingga dapat bermanfaat nantinya, beberapa korban yang dapat diberikan pertolongan pertama untuk penanganan yang cepat dan tepat sehingga membantu mengurangi risiko kematian pada penderita henti jantung mendadak khususnya”. jelas Farid.

Menurut KKP, dr. Siti Hatijah “Kami sangatlah terbantu yang dimana Angkasa Pura I Balikpapan turut memberikan ruang berbagi pengetahuan terkait pemberian pertologan pertama bagi korban, bisa bermanfaat langsung nantinya setidaknya dari komunitas keluarga dulu”.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini juga akan diajarkan cara evakuasi yang benar sebagai orang pertama memberikan pertolongan.

Untuk diketahui bulan K3 diperingati mulai tanggal 12 Januari sampai 12 Februari 2020 mendatang, manajemen Angkasa Pura I Balikpapan menggelar berbagai kegiatan positif diantaranya Sosialisasi HIV AIDS, Sosialisasi BHD, Sosialisasi Narkotika dan menggelar Apel di Bulan K3 sekaligus menjadi agenda tahunan.

Sebagai informasi kegiatan ini akan digelar kembali pada tanggal 30 Januari 2020 dengan melibatkan peserta eksternal seperti Airlines, Ground Handling, Tenant, Cleaning Service dan Parking. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *