PASER, Gerbangkaltim.com – Guna menuntaskan visi dan misi Kabupaten Paser, dalam mewujudkan kabupaten yang maju, mandiri sejahtera dan berkeadilan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menggelar rapat koordinasi (rakor) administrasi pembangunan, di ruang Sadurengas Kantor Bupati Paser, Kamis (30/01/2020).

Rapat dipimpin Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para camat, dengan menghadirkan narasumber dari Pemerintah Provinsi Kaltim yakni Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Provinsi Kalimantan Timur Ir. Fajar Joyohadi Kusumo.

Adapun narasumber rapat dari Pemkab Paser yaitu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Peneltian dan Pembangunan (Bappedalitbang) Paser Muksin.

“Rapat ini untuk menyamakan persepsi dan menyatukan langkah untuk penetapan kebijakan, demi menuntaskan visi dan misi Kabupaten Paser, yang pada tahun ini sudah memasuki tahun terakhir,” kata Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi.

Bupati mengajak kepada semua Kepala OPD untuk mencermati program dan kegiatan yang termua pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis dan Rencana Kerja di OPD masing-masing.

“Sehingga visi yang sudah diterjemahkan ke dalam lima misi bisa dituntaskan bersama-sama,” kata Yusriansyah.

Bupati mengatakan di awal tahun 2020, Pemkab Paser telah melakukan pemekaran sejumlah instansi pemerintah, sebagai tindak lanjut aturan dari Pemerintah pusat. Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pemekeran OPD diantaranya di Bidang perkebunan yang dipsiahkan dari Dinas Pertanian. Kata Bupati, pemisahan itu dilakukan agar Pemerintah Daerah bisa lebih konsentrasi dalam menangani perkebunan.

“Karena perkebunan salah satu alternatif sumber penghidupan masyarakat di masa datang, ketika masyarakat Bumi Daya Taka tak lagi mengandalkan sumber daya alam tak terbarukan,” jelas Bupati.

Selain pemekeran di bidang perkebunan, pada tahun 2020 ini Pemkab Paser juga membentuk satuan kerja baru di Sekretariat Daerah yakni Bagian Adminsitrasi Pembangunan.

Oleh karena itu, ke depan Bagian Administrasi Pembangunan ini akan lebih banyak melakukan koordinasi dengan Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Kalimantan Timur.

“Harapannya ke depan Bagian Administrasi Pembangunan dapat memaksimalkan peran dan fungsinya bersama-sama dengan Perangkat Daerah lainnya,” ucap Yusriansyah. (MC Kominfo Paser)