150 Warga Kurang Mampu Dapat Bantuan Dari Program S-3

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 150 orang warga Kota Balikpapan yang kurang mampu mendapat bantuan sembako gartis dan santunan tetap dari Komunitas Insan Peduli (KIP) Balikpapan.

Kegiatan Bakti Sosial Komunitas Insan Peduli atau KIP Balikpapan ini dilaksanakan melalui program Sedekah Seribu Sehari (S3). Dari uang seribu sehari yang terkumpul, kemudian diberikan pada warga yang membutuhkan dalam bentuk kebutuhan sehari-hari atau santunan tetap.

Bekerjasama dengan Kelurahan Gunung Sari ulu Balikpapan, KIP Balikpapan Tengah memberikan bantuan 120 sembako gratis bagi fakir miskin, anak yatim piatu dan kaum dhuafa warga Balikpapan Tengah serta 30 orang warga Balikpapan mendapat bantuan santunan tetap.

Bantuan ini diserahkan langsung Ketua Umum KIP Balikpapan Hj Dasmira Nitri Safitri kepada Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan yang kemdian diserahkan kepada Lurah Gunung Sari Ulu Ririn Trisnawati yang selanjutnya diserahkan kepada warga yang berhak menerima bantuan tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri Lurah Sumber Rejo Umar Adi, lurah Mekarsari Mustamin, perwakilan Kelurahan Gunung Sari Ilir dan Karang Jat serta Sekertaris KIP Balikpapan Neneng Julaiha dan Ketua KIP Balikpapan Tengah Susi Cantika.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan 30 santunan tetap kepada Ketua Wilayah KIP Balikpapan Timur, KIP Balikpapan Utara, KIP Balikpapan Kota, KIP Balikpapan Tengah, KIP Balikpapan barat dan KIP Balikpapan Selatan oleh Ketua Umum KIP Balikpapan Hj Dasmira Nitri Safitri.

Lurah Gunung Sari Ulu Ririn Trisnawati menilai kegiatan seperti ini sangat postif karena sangat membantu bagi warga kurang mampu.

“Dalam kegiatan ini Kelurahan Gunung Sari Ulu mendapatkan bantuan sebanyak 5 orang kurang mampu, karena dibagi masing-masing kelurahan hanyan 5 orang saja,” ujar Ririn.

Ririn berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan dan tingkatkan sehingga semakin banyak warga yang kurang mampu bisa terbantu, namun disisi lain harapannya juga keanggotan KIP dapat terus bertambah.

Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan mengatakan, KIP dengan Program S-3 nya sudah berkiprah selama 3 tahun di Kota Balikpapan, dan batuan yang diberikan langsung menyentuh ke masyarakat.

“Bantuan yang diberikan KIP melalui program S-3 sangat besar manfaatnya karena lansung dirasakan warga yang kurang mampu, bahkan bantuan tidak jarang diserahkan langsung ke lokasi warga yang kurang mampu tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KIP Balikpapan Hj Dasmira Nitri Safitri mengatakan, kegiatan bakti social yang dilaksanakan di kelurahan Gunung Sari Ulu ini sudah yang ke 34 kalinya karena setiap bulan KIP selalu menggelar bakti social di kelurahan dan kecamata yang berbeda-beda.

“ Bantun kali ini adanya sebanyak 120 paket sembako dan 30 santuna tetap untuk setiap wilayah kecamatan di Balikpapan,” ujarnya.

Mira menambahkan, saat ini keanggotaan KIP Balikpapan telah mencapai 2000 orang yang kesemuanya adalah ibu rumah tangga, dan rencananya KIP juga akan berdiri di Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kerta Negara, dan Kabupaten Penajam Paser Utara. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *