Sebarkan Informasi Hoaks Soal Virus Corona, K-R Diperiksa Polisi

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrimsus) Polda Kaltim mengamankan seorang warga Balikpapan yang menyebarkan informasi bohong atau hoax melalui akun facebook bernama Kazahra Tanzania.

Dalam ciutannya, akun Kazahra Tanzania menyatakan, seorang warga Balikpapan telah terpapar virus corona dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Kanudjoso Daerah (RSKD).

Meskipun kemudian,  pemilik akun tersebut melakukan krafikasi dan memohon maaf.

Namun ciutannya terlanjur menjadi viral, bukan hanya dilaman facebook, namun juga dibagikan di grup-grup whatssap sehingga membuat resah masyarakat.

Mengingat virus tersebut sudah merenggut hingga ratusan korban jiwa di China.

Kazahra Tanzania kini tengah dimintai keterangan dan statusnya masih sebatas saksi. Polda Kaltim juga meminta keterangan saudara pemilik akun Kazah Kazahra Tanzania, yang bekerja di RSKD karena turut serta dalam percakapan terkait virus corona.

ini yang bekerja di rskd Balikpapan
Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana membenarkan, pihaknya tengah memintai keterangan akun Kazahra Tanzania dan saudaranya dalam kasus penyebar hoax tentang virus corona di RSKD Balikpapan.

Namun demikian, Polda Kaltim masih belum menentapkan status tersangka. Karena saat ini prosesnya masih dalam penyelidikan. Polisi sendiri masih mengumpukan bukti dan juga akan meminta keterangan ahli terklait kasus ini termasuk gelar perkara untuk menentukan apakah ada unsur pelanggaran  Undang-undang ITE.

“Kami minta warga tidak resah dan tetap tenang dan tidak menyebar yang belum terverifikasi kebenarannya,” ujar Ade Yahya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *