PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser pada tahun 2020 mengembangkan varietas padi unggulan inbrida di lahan seluas 750 hektar.

Program tersebut dilakukan melalui dukungan bantuan benih padi kepada 56 kelompok tani di Kecamatan Tanah Grogot dan Pasir Belengkong.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian (Distan) Paser Yusuf mengatakan bantuan tersebut diberikan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan target swasembada pangan.

“Tahun ini ada bantuan benih padi inbrida untuk 56 kelompok tani, total luas lahan 750 hektar,” kata Kabid Tanaman Pangan Distan Paser Yusuf, Senin (03/01/2020).

Dari 750 hektar lahan yang menjadi pengembangan padi inbrida ini, 694 hektar diantaranya dikembangkan di Kecamatan Tanah Grogot. “Selebihnya di kecamatan Pasir Belengkong,” ujar Yusuf.

Pengembangan padi inbrida di Kecamatan Tanah Grogot dilakukan di 9 desa, sedangkan di Kecamatan Pasir Belengkong dikembangkan di 2 desa.
Di Kecamatan Tanah Grogot, kata Yusuf, sebanyak 49 kelompok tani yang mendapatkan bantuan benih padi inbrida ini.

“Selain itu, tujuh kelompok tani mendapat bantuan benih di Kecamatan Pasir Belengkong,” ucapnya.

Yusuf mengatakan dalam merelaisasikan target swasembada pangan, Distan Paser mengupayakan peningkatan produksi untuk menjamin kecukupan pangan.

“Peningkatan produktivitas padi diarahkan pada peningkatan produktivitas melalui penggunaan benih unggul bersertifikat seperti bantuan benih padi unggul,” pungkas Yusuf. (MC Kabupaten Paser)