Dukung Kegiatan Sosial, Pertamina-Pemkot Balikpapan Teken MoU

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,— Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan dan RU V Balikpapan menyepakati untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan tentang pelaksanaan program Corporate Social Responsibility Kota Balikpapan Tahun 2020.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Balikpapan bersama Rizal Effendi, Walikota Balikpapan dan General Manager Pertamina RU V, yang diwakili Pjs Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Cecep Supriyatna dan General Manager Pertamina MOR VI diwakili oleh Region Manager Retail Sales VI, Rahman Pramono Wibowo.

Kesepakatan bersama yang berlangsung tiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta Pertamina dalam mendukung percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan di Kota Balikpapan, menyinergikan program dan kegiatan antara Pertamina dan Pemkot. Selain itu, hubungan antara Pertamina dan Pemkot akan harmonis dan kondusif dengan semua pemangku stakeholders untuk mendukung pencapaian korporasi.

Pertamina selaku perusahaan yang memiliki sumbangsih dan wilayah yang cukup besar di Balikpapan maupun di Indonesia terus berkomitmen untuk melakukan kegiatan-kegiatan socialnya melalui program CSR.

Kesepakatan ini disambut sangat baik oleh Pertamina agar program-program CSR Pertamina juga dapat berlangsung lebih efektif dan dampaknya dapat lebih optimal. Dalam kerjasama ini tidak hanya Pertamina saja yang diikutsertakan, namun juga ada BUMN lainnya yang turut serta berpartisipasi dalam penandatanganan MOU.

Roberth Marchelino Verieza, Region Manager Com, Rel & CSR Kalimantan mengungkapkan, ” Penandatanganan MOU ini akan menjadi langkah yang baik bagi Pertamina dalam turut serta andil dalam kegiatan sosial dan membantu masyarakat, karena sudah mendapat dukungan dari pemerintah setempat maka kegiatan yang akan kami lakukan dapat berjalan lebih maksimal baik dalam prosesnya maupun hasilnya”

Walikota dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kerjasama yang ada bersama BUMN di Kota Balikpapan merupakan keptusan yang paling tepat. Pada momen Hari Jadi Kota Balikpapan ke-123, ia mengajak sinergitas perusahaan -perusahaan dalam pembangunan kota Balikpapan menuju perencanaan pemindahan Ibu Kota Negara.

Lebih lanjut Robert menjelaskan, Pemerintah memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan CSR. Setiap sektor kegiatan yang dilaksanakan nantinya akan berkoordinasi dengan dinas atau instansi pemerintah terkait. Contohnya jika ada kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dapat bekerjasama dengan dinas kesehatan.

“Kami berharap bahwa kesepakatan ini dapat terjalin juga di beberapa kota lain di Kalimantan karena unit operasi kami juga tidak hanya di Kota Balikpapan,” tutup Roberth. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *