Ekonomi - HL - February 10, 2020

Dianggap Mistik, Negeri Sakura Tertarik Kelor Indonesia

BALIPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Tanaman kelor dengan nama latin Moringa oleifera, buat sebagian orang merupakan tanaman mistik. Karena ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa tanaman ini bisa mencegah santet atau tolak bala.

Nenek moyang kita juga pernah mengajarkan bahwa jika menanam tanaman kelor di depan rumah, maka segala serangan ghaib tidak akan bisa masuk ke rumah kita. Seisi rumah tidak akan diganggu, keluarga selamat dan yang paling penting bisa melumpuhkan niat jahat seseorang.

Tapi entah anggapan dan cerita di atas mitos atau fakta. Tapi yang pasti dari tanaman ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, terutama bijinya. Biji dari kelor ini bisa diolah sehingga menjadi obat herbal yang bisa menjaga kolesterol dan tekanan darah, mengurangi kadar gula dalam darah sampai menjaga kesehatan kulit.

Maka tidak heran jika Negeri Sakura, Negara Jepang tertarik dengan tanaman ini.

Hari ini, Hariyadi Cahyono memeriksa biji kelor yang akan di ekspor ke Jepang di Wilker Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan. Sebanyak 20 kg dengan harga lima juta dipastikan bebas dari hama dan penyakit untuk kemudian disertifikasi.

Mari terus gelorakan Gratieks, Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor dengan perluasan ke berbagai macam produk pertanian.

(mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

DLH, Pertamina dan Polda Kaltim Telusuri Asal Tumpahan, Diduga dari Darat

BALIKPAPAN, Gerbangaltim.com,– Hasil pengecekan petugas DLH (Dinas Lingkungan Hidup)…