Sekda Paser : Seleksi CPNS Diharap Penuhi Kebutuhan Aparatur

PASER, Gerbangkaltim.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya berharap hasil dari seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dimulai sejak Senin (10/02/2020), dapat memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Semoga hasil seleksi CPNS dapat memenuhi kebutuhan ASN kita,” kata Katsul usai meninjau pelaksanaan CAT CPNS, di ruang BKPSDM, Senin.

Diketahui, pada seleksi CPNS tahun ini, Pemkab Paser mendapatkan kuota formasi sebanyak 141. Dari jumlah tersebut, 114 diantaranya diperuntukkan tenaga pendidik. Selebihnya tenaga medis dan aparatur di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pemkab Paser lanjut Katsul saat ini masih membutuhkan banyak ASN untuk tenaga pendidik atau guru. Sementara setiap tahun, kuota CPNS yang diberikan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan guru secara keseluruhan.

“Makanya kita kontrak tenaga guru untuk menutupi kekurangan tersebut,” ujar Katsul.

Setiap pelaksanaan CPNS, Pemkab Paser selalu mengusulkan formasi untuk tenaga pendidik atau guru. Karena sejauh ini kuota formasi guru yang diberikan pemerintah pusat belum memenuhi kebutuhan, maka kemungkinan besar pada tahun selanjutnya, usulan untuk formasi guru akan lebih banyak dibanding usulan untuk PNS di formasi lainnya.

“Formasi guru untuk CPNS selanjutkan tentu akan lebih banyak. Namun kami akan menggelar rapat terlebih dahulu untuk memetakan kebutuhan secara keseluruhan,” jelas Katsul.

Katsul berharap dengan adanya tambahan aparatur yang diperloleh melalui seleksi CPNS ini dapat meningkatkan kinerja OPD dalam menjalankan program pemerintah di berbagai sektor dan pelayanan masyarakat. (MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *