BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Kepala Staf Kodam VI/Mlw Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta mewakili Pangdam VI Mulawarman menerima kunjungan Tim Pusrehab Kemhan dalam rangka Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu Return To Duty dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return To Combat kepada personel jajaran Kodam VI/Mlw, Lanal Balikpapan dan Lanud Balikpapan Selasa (11/02/2020).

Sosialisasi diikuti para pejabat personalia masing-masing satuan serta prajurit dan PNS penyandang disabilitas jajaran Kodam VI/Mlw yang sejumlah 50 orang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasdam VI/Mlw dan didampingi Kepala Pusat Rehabilitasi Kemhan Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-RE (K). MARS dengan narasumber Kolonel Kes dr. Budi Satriyo Utomo, Sp. KFR., MARS, dan dibantu dua orang anggota.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto dalam sambutan yang dibacakan Kasdam mengharapkan sosialisasi ini dapat menambah wawasan dan pemahaman bagi para pejabat personalia, kesehatan maupun anggota tentang Program pelayanan Rehabilitasi Terpadu Return To Duty dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return To Combat.

“Tentunya ini merupakan perhatian pimpinan dalam meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya Penyandang Disabilitas di wilayah Kodam VI/Mulawarman,” ujar Kasdam yang membacakan sambutan Pangdam.

Related Post

Sementara itu Kepala Pusat Rehabilitasi Kemhan Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-RE (K). MARS meminta kepada pejabat personalia memahami hak-hak Penyandang Disabilitas di kesatuannya dan memberikan pelayanan sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan bagi Penyandang Disabilitas diharapkan mempunyai motivasi yang tinggi untuk tetap berkarya belajar agar menjadi Mandiri, Produktif dan Interpreneurship.

Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, Sp BP-RE (K). MARS menambahkan kedepannya Pusrehab Kemhan akan membuat konsep kesemaptaan khusus bagi Penyandang Disabilitas Prajurit TNI yang akan disahkan ke dalam Keputusan Menteri Pertahanan.

Dalam paparannya Kolonel Kes dr. Budi Satriyo Utomo, Sp. KFR., MARS, menjelaskan pelayanan Rehabilitasi terpadu adalah rehabilitasi vokasional yang dipadukan dengan rehabilitasi medik, rehabilitasi sosial dengan sarana rumah sakit serta dukungan administrasi.

Menurutnya, nanti para prajurit dan PNS Penyandang Disabilitas akan mendapatkan rehabilitasi terpadu dengan diberikan keterampilan melalui rehabilitasi vokasional dengan 15 keterampilan diantaranya automekanik mobil, automekanik motor, teknik pendingin, teknik komputer, operator komputer, teknik elektronika, teknik pengelasan, tata busana, desain grafis, fotografi, musik, pertukangan kayu, pertanian terpadu, tata boga dan massage. (mh/gk)

Sumber: Kodam VI Mulawarman