BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com,– Penjaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Balikpapan oleh DPD II Partai Golkar Balikpapan yang resmi dibuka Senin (17/2/2020) ternyata memiliki daya magnet bagi tokoh-tokoh yang sudah digadang-gadang bakal maju sebagai orang nomor satu di Balikpapan.

Apabila pada hari pertama penjaringan terdapat 11 orang yang sudah mengambil formulir, dua diantaranya untuk formulir wali kota, maka diprediksi pada hari kedua yang juga hari terakhir pendaftaran, Selasa 18/02/2020) setidaknya sudah ada 4 tokoh Balikpapan yang bakal hadir.

Keempat orang yang sudah konfirmasi ke tim penjaringan, Arita Rizal Effendi yang juga Wali kota Balikpapan, dan tiga politisi yakni drg. Syukri Wahid, Edy Tarmo, dan Heru Setiawan. Di antara pendaftar ini diperkirakan juga untuk mendaftar sebagai wali kota. Padahal dalam sebuah pleno, Ketua DPD II Partai Golkar Balikpapan H Rahmad Mas’ud yang juga Wakil Walikota Balikpapan telah sepakat diusung oleh Partai Golkar untuk melanjutkan periode berikutnya untuk maju sebagai Walikota Balikpapan.

“Partai Golkar partai yang demokratis dan terbuka, meskipun di internal sepakat memilih dirinya maju sebagai balon walikota, namun partai ini tetap membuka penjaringan eksternal untuk walikota,” kata Rahma Mas’ud ketika membuka pendaftaran didampingi para pengurus partai diantaranya Abdulloh selaku sekjen dan Kasharyanto sebagai ketua harian, di Kantor Partai Golkar Balikpapan, kawasan Jl. Jenderal Sudirman, Senin (17/02/2020)

Dalam penjaringan yang dibuka sejak pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita di Kantor Partai Golkar Balikpapan, setidaknya sudah 11 orang yang mengambil formulir. Dua diantaranya mendaftar menjadi bakal calon Walikota Balikpapan yakni Yaser Arafat yang dikenal sebagai Ketua Kadin Balikpapan, dan Tubagus Muhammad Sulaiman warga Sepinggan.

Sedangkan 9 lainnya sebagai wakil walikota terdiri dari tokoh masyarakat, pengusaha hingga anggota politisi maupun pegawai negeri. Kesembilan pendaftar itu adalah: H. Ahmad Rosidi; Abriantinus; Ahmad Basir; Thohari Aziz; Benito Jago; Mahdram Muyar; Tubagus Muhammad Sulaiman; Ali Munsir; Sabaruddin; dan Eddy Alfonso.

Berikut Komentar Mereka yang Mendaftar

Tokoh Dayak Balikpapan, Abriantinus mengatakan, partai Golkar adalah partai ketiga dirinya mendaftar sebagai balon Wawali Balikpapan.

“Ini partai ketiga saya mendaftar, dalam pendaftaran ini saya mendapat dukungan seluruh warga Dayak di Balikpapan, bahkan sudah dinyatakan dalam deklarasi Persekutuan Adat Dayak Kaltim Balikpapan,” ujarnya.

Sedangkan balon lainnya Ahmad Basir yang diwakili timnya Maulidin Noor mengatakan, AHB siap untuk menjadi wali kota atau wawali di partai beringin ini. “Kami siap maju, dan untuk koalisi tergantung di
DPP,” ujarnya.

Ketua DPC PDI P Balikpapan, Thohari Azis mengakui dirinya dan Rahmad Mas’ud telah dipanggil DPP PDI P ke Jakarta. Namun pemanggilan ini hanya untuk memastikan mesin partai bisa berjalan baik dalam Pilakada mendatang.

“Untuk pendaftan ini dilakukan karena Rahmad Mas’ud juga telah mendaftar di PDI P,” jelasnya.

Disisi lain, Balon wali Kota, Yaser Arafat mengatakan langkahnya mengikuti penjaringan di Partai Golkar karena banyak didorong oleh orang-orang Golkar sendiri.
”Kenapa anak muda beranikan diri mengikuti penjaringan, karena banyak dorongan dari saudara simpatisan Golkar juga,” kata Yaser sembari berharap keikutsertaanya ini bisa bermanfaat demi kemajuan Kota balikpapan. (mh/gk)