BANJARBARU, Gerbangkaltim.com,– -Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto menekankan kepada para prajurit agar mewaspadai penyelundupan barang dari negara sebelah baik itu narkoba, illegal loging maupun barang-barang haram lainnya.
“Pelajari beberapa kasus yang sudah pernah terjadi. dalam penanganannya harus profesional dan mengikuti prosedur. Jangan tergiur dengan iming-iming uang banyak,” kata Pangdam dalam pengarahannya kepada prajurit Satgas Yonif 623/Bhakti Wira Utama yang akan melaksanakan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Satgas Ops Pamtas) RI-Malaysia.

Pengarahan berlangsung bertempat di Mako Yonif 623/Bhakti Wira Utama, Senin pagi (17/2). Sebelumnya diawali dengan mengecek kepada seluruh anggota yang pernah melaksanakan tugas operasi. Dengan banyaknya prajurit yang sudah pernah bertugas semoga penugasan kali ini hasilnya akan semakin bagus.

“Waspadai jalan-jalan yang tidak terpantau oleh pos pengamanan jangan lupa awasi serta jaga patok-patok perbatasan,” kata Pangdam.

Pada kesempatan itu Pangdam mengingatkan kembali tentang netralitas TNI. Jangan mudah dipengaruhi oleh salah satu pasangan calon Bupati, karena nanti pada saat tugas operasi ada salah satu wilayah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

Pangdam juga memerintahkan kepada prajurit Satgas untuk mewaspadai konflik sosial adat budaya daerah setempat. Demikian pula dalam melaksanakan kegiatan teritorial harus membantu warga masyarakat di sekitar wilayah penugasan.
“Dekatkan diri dengan rakyat, bantu mereka. Karena TNI terlahir dari rakyat dan berjuang untuk rakyat dan bersama rakyat. Selama bertugas nanti selalu menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya. karena bila semua sehat dan fisik terjaga maka dalam bertugas pun akan selalu bersemangat,” katanya.

Pangdam berharap kepada seluruh prajurit selama menjalankan tugas pamtas RI-Malaysia, agar melaksanakan tugas dengan baik, hindari pelanggaran sekecil apapun karena itu juga salah satu prestasi bagi satuan.

Usai memberikan pengarahan, Pangdam dan rombongan meninjau Kotis dan pos-pos sebagai tempat latihan di Daerah Mandiangin komplek dan Daerah Kiram Park Banjarbaru.

Turut mendampingi kegiatan tersebut diantaranya Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M. Syeh Ismed Danrindam VI/Mulawarman, Asintel, Aslog dan Waasops Kasdam VI/Mulawarman dan para Komandan Satuan jajaran Korem 101/Antasari. (mh/gk)