Ikatan Wanita Sulsel Bersatu Bersih-Bersih Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Bersatu (IWSSB) menggelar kegiatan sosial berupa bersih-bersih sampah plastik di seputaran lapangan Merdeka, Balikpapan, Jumat sore (21/2/2020).

Mereka ingin menyampaikan pesan bahwa kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya milik petugas kebersihan.

Kegiatan yang kemas dalam bentuk tanggap sosial ini juga disertai bagi-bagi kebutuhan pokok kepada petugas kebersihan Dinas Lingkungan HIdup Balikpapan yang bertugas di sekitar lapangan Merdeka.

Acara ini sekitar 80 anggota IWSS perwakilan pengurus Kecamatan, pengurus kota IWSS bersatu juga dihadiri Dewan Pembina IWSS Bersatu Hj urlena yang juga istri dari Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Kebetulan ini acara Hari Peduli Sampah Sedunia yang jatuh pada hari ini Jumat, kita isi dengan kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar lapangan dua lapangan Merdeka bersama anggota IWSS Bersatu,” kata Hj Nurlena, Jumat petang (21/2).

LAnjut Nurlena dengan kegiatan yang digalang IWSS Bersatu ini, harapanya masyarakat juga dapat melakukan hal sama baik itu komunitas, sekolah, perusahaan maupun masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

“ Ini kegiatan luar biasa, saya lihat hanya IWSS Bersatu melakukan seperti ini. Harapan ini bisa ikuti jejaknya oleh organisasi-organisasi lainnya. Saya sangat bersyukur ini juga mendukung program pemerintah,” ujarnya.

“ Alhamdulillah ini juga memberikan motivasi kepada masyarakat karena teman-teman yang di lapangan (petugas kebersihan) dari pagi subuh sampai malam , kita tidak tau kalau tidak ada mereka-mereka ini kota Balikpapan mau jadi apa. Terimakasih semuanya ini Alhamdulillah walaupun beliau plt tapi luar biasa kita dukung terus program-programnya,” tuturnya memberikan motivasi.

Plt Ketua IWSS Bersatu Andi Noor Hasanah Oesman menambahkan kegiatan bersih memungut sampah disertai pembagian sembako kepada 17 petugas kebersihan di sekitar lapangan Merdeka.

“Ini sebenarnya bukan pertama kali kami melakukan. Tapi hari ini bertepatan dengan hari peduli sampah sedunia kita selain memungut sampah plastik juga bagi-bagi sembako kepada petugas kebersihan DLH,” tambahnya.

Disamping itu katanya kegiatan ini bagian dari upaya organisasinya meramaikan HUT Kota Balikppan ke 123 tahun.

“Kita ingin berkontribusi kepada kota apalagi masih suasana HUT kota. Kegiatan ini memang sederhana tapi pesannya kita ingin ajak masyarakat bahwa menjaga kebersihan kota bukan tugas petugas DLH tapi kita semua. Alhamdulillah tidak terlalu banyak sampah yang kita kumpulkan hanya ada 3 tas plastik besar,” tuturnya. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *