Paser - March 1, 2020

Kunjungi Kideco, Kapolda Kaltim dan Presiden Direktur Tanam Pohon di Area Reklamasi

PASER, Gerbangkaltim.com – Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono bersama Presiden Direktur PT.Kideco Jaya Agung M. Kurnia Ariawan melakukan kegiatan penanaman pohon di area reklamasi tambang batu bara PT.Kideco, Sabtu (29/2).

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian dari kegiatan kunjungan kerja (kunker) Kapolda Kaltim bersama jajarannya ke Kabupaten Paser.

Rombongan Kapolda Kaltim tiba di Kantor Kideco Jaya Agung sekitar pukul 09.00 wita. Turut mendampingi Kapolres Paser AKBP Murwoto.

Mereka disambut Presiden Direktur PT. Kideco Jaya Agung, M. Kurnia Ariawan dan jajaran direksi untuk selanjutnya mereka memasuki ruang pertemuan.

Kapolda Kaltim Irjen Muktiono dalam pertemuan itu menyampaikan ucapan syukur karena suasana aman di wilayah Pertambangan Kideco.

“Bisa kita bandingkan di Freeport, di sana setiap saat ada ancaman baik kepada pekerja maupun aparat keamanannya, ” kata Muktiono.

Demikian juga dengan penduduk yang tinggal di sekitar pertambangan Freeport, keberadaan mereka menjadi ancaman bagi perusahaan tambang.

“Makanya tadi saya nanya apakah di sekitar area tambang Kideco ada penduduk, ternyata ada, namun keberadaan mereka bukan ancaman. Sebaliknya PT. Kideco malah membantu mereka dengan memberikan pelatihan, pembinaan agar mereka mandiri, ‘ kata Muktiono.

Sementara Presiden Direktur PT Kideco Jaya Agung, M. Kurnia Ariawan mengatakan bahwa Kideco merupakan aset negara yang sangat penting.

Kideco sebagai Member of Indika Energy Group salah satu perusahaan multinasional Indonesia dan saat ini komposisi saham 91% Indika dan Samtan Co, Ltd. 9 % merupakan perusahaan tambang terbesar ketiga di Indonesia dan penyumbang pendapatan bukan pajak terbesar ke-empat.

“Karena itu sangat penting menjaga aset negara ini dengan menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah termasuk juga dengan aparat keamanan, dalam hal ini kepolisian,” katanya.

M.Kurnia Ariawan dalam pertemuan itu juga menyampaikan bahwa Kideco melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan mengembangkan sistem pertanian terpadu (integrated farming system) untuk masyarakat sekitar tambang.

“Tujuannya untuk memberi pelatihan, edukasi masyarakat serta mewujudkan desa mandiri dalam mengelola usahanya yang berbasis pada pola pertanian terintegrasi, ” jelasnya.

Kideco juga turut membina dan memberdayakan masyarakat secara berkesinambungan dalam berbagai bidang.
Misalnya bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur serta kemandirian ekonomi masyarakat.

Di bidang pengelolaan lingkungan Hidup, pada tahun ini , PT Kideco Jaya Agung meraih penghargaan PROPER Emas kategori Industri Tambang Mineral dan Batubara.

Penghargaan ini diberikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Usai pertemuan digelar, kegiatan selanjutnya rombongan Kapolda Kaltim menuju Areal Arboretum Tandarayan Waste Dump Roto Utara untuk melakukan kegiatan penanaman pohon.

Area tersebut luasnya 9,29 ha dengan berbagai jenis tanaman antara lain Sengon Butho, Johar Trembesi dan Albazia yang jumlahnya sekitar 13.760 pohon.

Sebelum kegiatan penanaman pohon dimulai, Kapolda Kaltim mendapatkan penjelasan dari Tim Departemen Lingkungan Hidup PT. Kideco terkait peta area reklamasi fungsi Arboretum seluas 105 hektar yang dibagi dalam empat zona fungsi.

Keempat zona fungsi itu diantaranya Zona Edukasi dan Wisata seluas 21 Ha, Zona Pemanfaatan dan Pengembangan seluas 46 Ha, Zona Penelitian seluas 13 Ha dan Zona Reparian seluas 25 Ha. (Erwe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dua Hari Setelah Lebaran Plaza Kandilo Masih Sepi

PASER, Gerbangkaltim.com -Dua hari setelah lebaran, suasana di pusat perdagangan Plaza Kan…