PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 21 inovator mengukti Lomba Kreasi dan Inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat Kabupaten Paser tahun 2020, yang digelar di gedung PKK, Selasa (03/03/2020).

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya.

Dalam sambutannya ia mengatakan lomba ini digelar guna meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam rangka merangsang perkembangan Teknologi Tepat Guna (TTG).

“Harapan kami kegiatan ini dapat membantu kemandirian masyarakat dalam menfaatkan potensi sumber daya alam dan manusia,” kata Katsul.

Ia menambahkan kegiatan ini dapat mendorong inovator untuk menjadi pelaku ekonomi produktif.

Dengan tumbuhnya inovator di beberapa kecamatan akan membawa dampak positif bagi perkembangan teknologi di Kabupaten Paser.

“Apalagi Paser Selalu menjuarai TTG tingkat Provinsi Kaltim,” ujar Katsul.

Related Post

Sementara Kepala DPMD Paser Hulaimi mengatakan kegiatan ini digelar selama 2 hari,

Pemenang dari lomba ini kata Hulaimi, akan mewakili Paser pada Lomba TTG tingkat Provinsi Kaltim di Balikpapan pada April 2020 mendatang.

“Tim penilai saat ini sedang menyeleksi. Siapa yang terbaik akan mewakili Paser,” kata Hulaimi.

Tim penilai berasal dari DPMD Paser,Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Muhammadiyah, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Instansi lainnya.

Peserta Lomba terdiri dari perseorangan atau kelompok masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, yang diwadahi melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).

21 peserta tersebut tebagi menjadi 2 kategori yakni kategori alat TTG sebanyak 18 peserta dan kategori metode pengolahan sebanyak 3 peserta. Pemenang lomba akan diumumkan pada hari Rabu, 04 Maret 2020. (MC Kominfo Paser)