Fire and Rescue Games Jadi Penutup Rangkaian Bulan K3 Pertamina RU V

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim com – Peringatan bulan K3 Tahun 2020 Pertamina RU V yang mengusung tema tingkatkan kompetensi pengolahan risiko HSSE untuk membangun budaya HSSE, meningkatkan daya saing di era revolusi industry 4.0 an mewujudkan business sustainability ditutup dengan fire and rescue games, Minggu (29/2) oleh lebih kurang 100 orang yang terdiri dari pekerja dan mitra kerja Pertamina RU V dan Refinery Development Master Plan RU V. Tim RDMP keluar menjuarai games tersebut.

Para peserta tergabung dalam satu tim yang terdiri atas 8 (delapan) personil dengan kombinasi pekerja dan mitra kerja. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta tentunya dengan tantangan tersendiri.

Pada tahapan pertama yaitu emergency response, peserta akan melalui rintangan barisan drum dan berjalan melalui rintangan safety cone, dan memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan ) dengan memperhatikan arah angin, posisi berdiri, dan api yang benar.

Tahapan kedua, evakuasi korban. Pada skenario, peserta diwajibkan dapat mengevakuasi korban cidera dengan melalui rintangan jaring. Peserta melakukan first aid (bantuan pertama), dan korban diangkat ke tandu lipat.

Tahapan selanjutnya yaitu firesuit challenge dan minor drill, dimana peserta diwajibkan menggunakan baju anti api dan melakukan aksi pemadaman pada target yang sudah disediakan menggunakan selang air yang sudah disiapkan dengan motode yang benar.

General Manager RU V, Mulyono dalam sambutannya menyatakan bahwa rangkaian kegiatan bulan K3 ini diadakan untuk tercapainya visi misi Pertamina dan mendukung komitmen pada Zero LTI dan Zero Leak. Zero Lost Time Injury (LTI) yaitu komitmen untuk mencegah adanya insiden yang berakibat pada hilangnya waktu kerja, kemudian Zero Leak adalah komitmen untuk tidak terjadinya kebocoran yang berakibat pada kerugian perusahaan.

Lebih lanjut, Roberth Marchelino Verieza, Reg. Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan menjelaskan bahwa kegiatan Bulan K3 ini merupakan rangkaian padat selama satu bulan untuk memastikan dan merefresh kembali budaya yang diterapkan kepada insan Pertamina. “ Rangkaian peringatan bulan K3 mulai sejak 24 Januari 2020 hingga (29/2) kemarin, dan hari ini (2/3) diadakan go live demo room di gedung Diklat RU V.”

Adapun rangkaian peringatan bulan K3 yaitu sosialisasi food hygiene, security awareness & penanggulangan kebakaran dini pada (28/1) dilanjutkan dengan lomba HSSE Campaign yang dilakukan oleh gabungan fungsi-fungsi yang ada di RU untuk mengampanyekan mengenai safety.

TIdak hanya itu, sidak mobil, APD, badge, dan peraturan kilang juga dilakukan hamper satu bulan penuh. Sosialisasi Safety Driving dan Pemadam Kebakaran Dini ke Sekolah-sekolah juga telah dlaksanakan.

“Semoga dengan adanya peringatan bulan K3 tiap tahun ini, kita sama-sama aware terhadap sebab dan akibat yang timbul akibat kelalaian pribadi maupun potensi risiko yang akan timbul jika terdapat insiden.” tutup Roberth. (mh/gk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *