Di Komam, Dinkes Paser Bina Kader Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat

PASER, Gerbangkaltim.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser membina puluhan kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di Kecamatan Muara Komam tentang penyakit tidak menular agar dapat kembali disosialisasikan kepada masyarakat.

Kegiata digelar di aula Kecamatan Muara Komam, Rabu (04/02/2020), dengan pemateri dari Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit DInkes Paser Amperawati.

“Kader yang dibina agar dapat berperan aktif mengedukasi masyarakat tentang resiko penyakit tidak menular,” kata Amperawati.

Resiko penyakit kata Amperawati bisa diketahui dari perilaku hidup atau gaya hidup seseorang. Penyakit yang muncul akibat perilaku hidup tidak sehat seperti tekanan darah tinggi, kencing manis, kolesterol, kanker, jantung dan ginjal.

Angka kematian disebabkan penyakit tidak menular kata Amperawati cukup tinggi. Padahal sebelumnya kematian banyak disebabkan oleh penyakit yang menular.

“Tapi penyakit tidak menular yang disebabkan pola hidup tidak sehat ini, banyak berujung kematian,” ujarnya.

Diantaranya disebabkan kurangnya olahraga, makan yang tidak seimbang, kurang mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan serta istirahat yang kurang hingga mengakibatkan stress.

“Sehungga banyak sekarang ini penderita hipertensi, penderita kencing manis, dan penderita kanker,” ujar Amperawati.

“Harapan kami kader yang kami bina ini dapat sosialisasikan perilaku hidup sehat,” imbuhnya.

Sosialisasi nantinya akan menyasar masyarakat berumur 15 sampai umur 59 tahun. Dengan pengetahuan kader Dinkes Paser berharap di tahun 2030 terjadi penurunan kasus penyakit tidak menular. (Adv / MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *