Oleh : Dzakirul Husni, S.Pd

BERTEMPAT di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser, sebanyak 13 orang guru mengikuti kegiatan pelatihan menulis, yang diselenggarakan Tanoto Foundation, Kamis (5/3).

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengeksplore kegiatan yang dilaksanakan selama para guru dalam melaksanakan praktek pembelajaran di kelas dengan menerapkan unsur MIKiR. (mengalami, interaksi, komunikasi, refleksi).

Selama pelatihan berlangsung beberapa peserta nampak kebingungan ketika diberi tugas menulis.

Banyak keluhan yang disampaikan peserta tentang ilmu kepenulisan kepada pemateri.

Menulis adalah sebuah keharusan dalam konteks hobi, tetapi akan sangat bermanfaat apabila menulis ditujukan untuk mempublikasikan seluruh aktifitas kita dalam kapasitasnya sebagai guru di sebuah lembaga pendidikan.

Mereka yang menulis sebagai aktualisasi diri akan meninggalkan warisan ilmu pengetahuan yang akan dikenang masyarakat. Karena itu, segeralah menulis, terus menulis dan terus menulis setiap hari.

Kegiatan penulisan yang dibimbing oleh Shinta dan Ropii berlangsung cukup seru.

Karena ternyata menulis adalah salah satu ketrampilan yang penerapannya tidak sulit, bahkan menulis menjadi semakin asyik bila kita sudah bisa membiasakan menulis.

“ Menulislah, teruslah menulis, tuliskan apapun yang akan kamu tulis, hidupmu akan dikenang dengan menulis. Bravo…. Semangat menulis .

  • Dzakirul husni, S.Pd, Peserta Pelatihan Menulis Tanoto Foundation.