PASER, Gerbangkaltim.com – Dalam rangka memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Pemerintah Kabupaten Paser menggelar upacara peringatan bulan K3, di Halaman Kantor Bupati Paser, Kamis (5/3/2020).

Upacara dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya, dihadiri oleh unsur Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan para Pimpinan perusahaan di Kabupaten Paser.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya membacakan sambutan Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah. Dalam sambutan itu dikatakan peringatan K3 ini sebagai momen untuk meperkuat K3 secara nasional, sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan.

“Komitmen ini dalam kerangka membangun SDM unggul untuk mencapai Indonesia maju “ kata Katsul.

Pmerintah Kabupaten Paser kata Katsul mengharapkan K3 bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan juga tanggung jawab perusahan.

“Pihak perusahaan juga wajib bertanggung jawab atas pelaksanaan K3 karena perusahaan lebih mengerti teknis di lapangan, yang disesuaikan dengan ketentuan di perusahaan masing-masing,” ujar Katsul.

Dia menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan baik pengusaha, serikat kerja, pekerja dan masyarakat, untuk terus meningkatkan pengawasan dan kesadaran pentingnya K3.

“Ini dilakukan dalam rangka memperkecil resiko kecelakaan tenaga kerja di perusahaan “ ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sancoyo mengatakan di awal tahun 2020 ini tingkat kecelakaan kerja di Kabupaten Paser masih belum ada.

Oleh karenanya dengan peringatan hari K3 ini nantinya agar dapat mengingatkan perusahaan khususnya para pekerja betapa pentingnya keselamatan di dalam bekerja.

“Kita harapkan peringatan K3 ini bisa menjadi pelajaran dan motivasi untuk selalu berhati-hati dalam bekerja” ungkap Sancoyo.

Sancoyo menambahkan ia sangat mendukung peringatan K3 ini, dengan harapan tidak merugikan tenaga kerja.
“ Hal ini sangat penting untuk keselamatan khususnya bagi para pekerja yang punya anak, istri, berangkat dan pulang selamat “ tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga Sekda Paser Katsul Wijaya menyerahkan piagam penghargaan Zero Accident kepada 10 perusahaan yang tidak memiliki insiden kecelakaan, dan piagam penghargaan program pencegahan dan penaggulangan HIV/AIDS di tempat kerja sebanyak 11 perusahaan. (Adv / MC Kominfo Paser)