HKG ke-48 Paser, PKK Komam Juara Ketiga Kali Berturut-Turut

PASER, Gerbangkaltim.com – Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Muara Komam kembali menjadi juara umum ketiga kali pada lomba Hari Kesatuan Gerak PKK ke-48 tingkat Kabupaten Paser yang digelar sejak 10 Maret 2020.

Penyerahan piala juara umum dilakukan Staf Ahli Bupati Paser Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik I Dewa Made Sudharsana dan Sekretaris PKK Kabupaten Paser Noorlyna Zam Zam di gedung Awa Mangkuruku, Kamis (12/03/2020).

Juri pada lomba ini dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan PKK Kabupaten Paser.

Staf Ahli Bupati Paser Bidang Pemerintahan , Hukum dan Politik I Dewa Made Sudharsana mengatakan melalui HKG, PKK diharap semakin produktif dalam memberikan inspirasi dan motivasi untuk menuju keluarga sejahtera.

“Karena PKK memiliki peran strategis membentuj pribadi keluarga yang mulia,” kata Dewa.

Keberhasilan PKK kata Dewa dilihat dari keberhasilan kelompok atau organisasi, bukan individu. Melalui pendekatan partisipatif, PKK bisa berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Jadi PKK memiliki peran yang penting dalam membantu program pemberdayaan keluarga,” ujarnya.

Sementara Ketua PKK Muara Komam Lingga Yuniar Diningrum mengatakan berbagai perlombaan dilaksanakan dalam kegiatan HKG tahun ini.

Diantaranya senam sehat, peragaan busana, merangkai buah, dan menebak enakan jenis sayur-mayur.

“Ada juga penyuluhan seperti penguatan dasa wisma, pola asuh anak dan remaja, bina keluarga balita dan pemeran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K,” kata Lingga.

PKK kata Lingga juga didorong aktif menggerakkan masyarakat agar mau membawa balitanya ke Posyandu.

“Ini dalam rangka mendukung progran menuju Kaltim sehat tahun 2020,” ujarnya.

Juara HKG tingkat kabupaten ini nantinya akan mewakili Paser di HKG tingkat Provinsi Kaltim pertengahan April 2020 di Balikpapan. (Adv/MC kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *