Polres Paser Petakan Kerawanan Wilayah Jelang Pilkada

PASER, Gerbangkaltim.com – Kepolisan Resort Paser telah memetakan tingkat kerawanan wilayah di daerah itu jelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Kapolres Paser AKBP Murwoto mengatakan pemetaan tingkat kerawanan dimaksud merupakan hasil analisa yang sudah dilakukan.

“Hasil analisa dan evaluasi kami, sudah dipetakan tingkat kerawanan wilayah jelang Pilkada tahun ini,” kata Murwoto usai kegiatan penerimaan dana hibah dari Pemkab Paser untuk pengamanan Pilkada, di Mapolres Paser, Selasa (17/03/2020).

Polres Paser memetakan tingkat kerawanan wilayah berdasarkan basis pendukung pasangan calon.

Dari 10 kecamatan di Paser tidak disebutkan Murwoto kecamatan mana yang paling tinggi tingkat kerawanannya. Ia menganggap semua wilayah memiliki potensi kerawanan.

“Kami tidak mau berpersepsi suatu wilayah aman. Karena situasi bisa saja berubah, kita tidak pernah tahu,” ujarnya.

Selain sudah memetakan wilayah rawan, Polres Paser lanjut Murwoto juga telah membuat skema perencanaan pengamanan. Rapat dengan instansi terkait, upaya cipta kondisi dengan melakukan sosialisasi pun sudah dilakukan.

“Termasuk kolaborasi kami dengan terus berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu baik dari KPU dan Bawaslu,” ucapnya.

Saat ini proses pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Paser telah dibuka untuk daftar perseorangan atau independen. Kepolisian pun sudah melakukan pengamanan sejak pendaftarannya dimulai.

“Penetapan calon (perseorangan) sudah mulai terlihat riak-riaknya. Kami sudah mulai lakukan pengamanan, tidak peduli hari Sabtu atau Minggu,” kata Murwoto.

Murwoto berharap tahapan Pilkada dapat berjalan lancar tanpa ada suatu hambatan yang berarti. Ia juga berharap kemanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

Harapannya, masyarakat mari songsong Pilkada ini sebagai pesta demokrasi. Pesta demokrasi yang Bahagia, tidak perlu bersiteganga meski beda pilihan,” ungkap Murwoto. (Adv/MC Kominfo Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *