PASER, Gerbangkaltim.com – Dalam upaya Pencegahan penyebaran virus Corona, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser mengimbau pengurus mesjid, anggar dan mushola dan rumah ibadah lain untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Hal itu tertuang dalam Surat edaran kepala kantor wilayah kementerian agama Kalimantan timur 1471/kw. 16.02.1/PP.00/3/2020 tanggal 16 Maret perihal penyampaian kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan virus Corona.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser Abdul Khaliq mengatakan saat ini kementerian agama Kabupaten Paser hanya menindaklanjuti himbawan kantor Kemenag Provinsi Kaltim.

“Kami mengikuti anjuran kantor wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan timur untuk diterapkan di Kabupaten Paser,” ujar Khaliq di Tanah Grogot Jumat 20 Maret 2020.

Imbauanya yakni pengurus mesjid untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masjid langgar maupun mushola dan majlis ta’lim.

Ia megimbau masjid menyediakan hand sanitizer atau wastafel yang disertai sabun antiseptik.

“Bagi pengurus mesjid agar mencuci karpet dan tidak mempergunakan sementara, serta menyarankan kepada jamaah agar membawa sejarah dari rumah masing masing,” ucapnya.

Abdul Khaliq mengimbau masyarakat menunda sementara kegiatan yang melibatkan orag banyak.

“Sementara pengajian umum tablik Akbar dan peringatan isra mi’raj dan sebagainya ditunda dulu,” katanya.

Ia berharap seluruh umat agar selalu waspada dan mentaati himbauan dari pemerintah dan serta senantiasa berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan dari penyebaran virus Corona.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa mengikuti anjuran pemerintah dengan sebaik baiknya sehingga tanah grogot terhindar dari corona,” kata Khaliq.

Selain masjid, imbauan itu nanti akan disampaikan ke rumah ibadah lain.

“Nanti ada juga edaran untuk rumah ibadah lain selain masjid,” ucapnya. (Adv/MC Kominfo Paser)