PASER, Gerbangkaltim.com – Kapolres Paser AKBP Murwoto mengimbau masyarakat untuk tidak berbelanja kebutuhan pokok secara berlebihan menanggapi cepatnya penyebaran virus corona saat ini.

Ia meminta masyarakat untuk berbelanja sewajarnya agar tidak terjadi kelangkaan kebutuhan pokok di pasar.

“Kami Imbau pedagang kalau ada yang borong sampaikan ke masyarakat jangan seperti itu. Jangan sampai yang lain mau beli tapi barangnya sudah habis,” kata Murwoto di sela pertemuannya dengan wartawan di Tanah Grogot Jumat 20 Maret 2020.

Imbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang kata Murwoto untuk mencegah panic buying atau kondisi berbelanja berlebihan akibat panik menanggapi virus corona.

Untuk memastikan ketersediaan barang sebelumnya kepolisian kata Murwoto telah melakukan pengecekan kebutuhan pokok di pasar Induk Semakin pada Kamis 19 Maret 2020.

“Kami juga sudah mengecek ke Bulog, secara umum kebutuhan pokok masih tersedia. Info dari Bulog beras tersedia hingga puasa bahkan sampai lebaran masih aman,” jelas Murwoto.

Sejauh ini polisi lanjut Murwoto belum mendapatkan informasi adanya penimbunan barang yang dilakukan oknum pedagang maupun masyarakat.

“Penimbunan kami pantau belum ada,” ujar Murwoto.

Murwoto mengatakan polsek di setiap kecamatan terus mengawasi ketersediaan barang di pasar.

Ia meminta masyarakat tetap tenang dan jangan panik menanggapi virus corona.

“Yang terpenting jaga kesehatan dan ikuti anjuran pemerintah, dengan mengurangi aktivitas di luar rumah yang banyak kerumunan. Dan jaga jarak serta terapkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Jya)