Balikpapan - GerbangPOLRI - GerbangTNI - April 1, 2020

TNI-Polri Dukung Pemkot Balikpapan Cegah COVID-19

BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Kota Balikpapan menjadi salah satu kota di wilayah Indonesia yang menjadi sasaran penyemprotan cairan desinfektan serentak oleh jajaran TNI, Polri dan Pemda, pada Selasa pagi (31/3).

Kerja sama yang ditunjukan antara personel Kodam VI/Mlw, Polda Kaltim dan Pemda Balikpapan merupakan bentuk sinergitas yang sangat baik dalam menjaga Kota Balikpapan dari penyebaran virus corona atau covid-19.

Wilayah Balikpapan yang menjadi prioritas penyemprotan adalah RT 13 Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan.

Sejumlah fasilitas umum dan pemukiman warga menjadi sasaran penyemprotan secara massal yang dipimpin Panglima Kodam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Pemerintah Kota Balikpapan yang dipimpin langsung oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi beserta personel dari BPBD Kota, PMI dan elemen masyarakat ikut terlibat langsung penyemprotan tersebut.

Sebelumnya kegiatan diawali dengan pembagian sembako kepada pesantren di wilayah Kota Balikpapan yang terkena dampak penutupan beberapa jalan utama di Kota Balikpapan sebagai bagian dari memperkecil mobilitas masyarakat Balikpapan.

Turut hadir dalam pelaksanaan penyemprotan desinfektan Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Tri Hartanta dan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Edy Tambunan.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino yang hadir dilokasi penyemprotan menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya lanjutan pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah dilaksanakan oleh aparat keamanan dan Pemda beberapa hari lalu.

“Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 oleh jajaran TNI bekerja sama Polri dan Pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat, diharapkan mampu meredam penyebaran merebaknya virus Corona atau Covid-19 di kota Balikpapan,” katanya.

Dijelaskan oleh Kapendam kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini menindaklanjuti perintah Panglima TNI agar seluruh Pangdam bersinergi dengan Polri serta mendukung Pemerintah Daerah berupaya pencegahan penularan wabah virus corona.

Penyemprotan cairan desinfektan difasilitas umum dan pemukiman secara massal dan serentak baik menggunakan peralatan penyemprotan perorangan serta didukung kendaraan Polri maupun kendaraan ringan TNI yang telah dimodifikasi untuk menyemprotkan jalan jalan utama Kota Balikpapan.

Kebersamaan semua pihak yang terlibat menunjukkan keseriusan dan aksi nyata dalam mencegah penyebaran virus covid -19 yang telah menimbulkan korban jiwa di Kota Balikpapan.

Pihak anggota Kodam VI/Mlw akan terus menerjunkan personelnya untuk mencegah penyebaran virus covid 19 baik dengan upaya secara fisik berupa penyemprotan desinfektan namun juga melalui sosialisasi oleh para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk rajin mencuci tangan pakai sabun dan pysical distancing berupaya himbuan untuk tidak berkumpul dan menjaga jarak antar perorangan dalam berbagai kegiatan.

Melalui langkah nyata di lapangan oleh semua pihak diharapkan akan mengurangi penyebaran virus yang mematikan tersebut di Kota Balikpapan. Dukungan masyarakat untuk tetap berada di rumah baik saat belajar maupun bekerja akan membantu kita semua menyelesaikan permasalahan virus covid 19, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Dua Hari Setelah Lebaran Plaza Kandilo Masih Sepi

PASER, Gerbangkaltim.com -Dua hari setelah lebaran, suasana di pusat perdagangan Plaza Kan…