PASER, Gerbangkaltim.com – Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko yang juga sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) sudah hadir atau berupaya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Pemerintah Daerah sudah hadir di tengah-tengah kita semua dalam rangka untuk menanggulangi atau mengahambat penyebaran virus corona yang makin meningkat,” kata Wijanarko di sela kegiatan penyemprotan disinfektan dan sterilisasi kendaraan, Jumat 3 April 2020.

Kodim Tanah Grogot bersama Polres Paser dan BPBd kata Wijanarko sebelumnya juga telah melajukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum.

Melalui babinsa dan babinkamtibmas penyemprotan di setiap kecamatan pun juga sudah dilakukan.

Wijanarko menambahkan, dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 ini, tidak bisa dilakukan semata oleh pemerintah.

“Intinya masyarakat harus disipilin dalam menerapkan pola hidup sehat, kemudian physical distance atau jaga jarak,” kata Wijanarko.

Karena bagaimana pun pemerintah telah melakukan penyemprotan lanjut ia, jika masyarakat tidak mengindahkan pola hidup sehat dan jaga jarak, maka upaya pencegahan tidak optimal.

“Walaupun sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi kemudian penyemprotan, jika tidak didukung masyarakat, maka kurang optimal. Saya minta tolong sekali kepada masyarakat Kabupaten Paser kurangi pergerakan yang tidak perlu,” ujar Wijanarko. (Adv/MC Kominfo Paser)