PASER, Gerbangkaltim.com – Aliansi Paser untuk Umat (Alpukat) turut berpartisipasi dalam penanggulangan virus corona atau COVID-19 yang saat ini tengah mewabah.
Koordinator lapangan dr. Hadi, SpA mengatakan berbagai kegiatan pencegahan penyebaran COVID-19 telah dilakukan.

Diantaranya melakukan penyemprotan desinfektan dibeberapa tempat fasilitas umum dan pembagian masker.

“Dalam jangka waktu dekat ini memprogramkan pembagian 1000 masker untuk masyarakat Paser dan pemasangan wastafel portabel di beberapa tempat fasilitas umum,” kata Hadi, Jumat 3 April 2020.

Selain itu dalam menunjang penanggulangan covid-19, relawan ini berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Paser dan Puskesmas untuk membantu melakukan pemantauan sekaligus pemberian sembako kepada ODP yang sementara isolasi mandiri di rumah.

Aliansi Relawan Covid-19 di bawah komando Ustadz Masud Badree, SHI dan Koordinator lapangan dr. Hadi, SpA ini, berharap wabah corona segera berlalu.

“Kami mengajak masyarakat agar tetap berada dirumah, tidak berkunjung keluar kota dan keramaian lain, sesering mungkin cuci tangan di air mengalir dengan sabun, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi seimbang,” ujar Hadi.

Dalam masa pandemi COVID-19, aliansi ini ingin berperan dalam membantu pemerintah untuk penanggulangan wabah ini, sehingga saat ini juga terbentuk Alpukat Relawan Covid-19.

Sejatinya aliansi ini adalah organisasi masyarakat yang terbentuk dari beberapa lembaga dan elemen masyarakat diantaranya radio suara sunnah 88.5 fm, beberapa DKM masjid, sekolah, tokoh masyarakat, medis sampai anggota kepolisian.

Organisasi ini tercatat ikut berperan dalam penaganan bencana diantaranya gempa lombok, tsunami palu, membantu korban kebakaran. Selain itu beberapa bakti sosial dan dakwah pedalaman pernah dilakukan.

Dalam penanggulangan COVID-19 relawan ini telah melakukan beberapa.kegiatan diantaranya, Edukasi tentang covid-19 melalui siaran radio Suara Sunnah 88.5 fm disertai Live FP dan streaming dilakukan melalui program suara Paser setiap senin malam pukul 21.00 wita dan suara dokter di selasa malam pada jam yang sama.

“Edukasi lain juga dilakukan dengan pemasangan spanduk di beberapa titik di kab. Paser dan pembuatan beberapa video edukasi, selain itu dengan berkoordinasi dengan BINMAS Polres Paser dilakukan edukasi keliling dengan mobil berpengeras suara,” jelas Hadi. (Jya)