Artikel - April 7, 2020

Gunakan Masker, Lindungi Diri dari COVID-19

Oleh : Ahmad Hadiwijaya 

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, setiap hari kita masih menyaksikan pertambahan jumlah korban termasuk mereka yang meninggal.

Keadaan ini masih akan terus berlanjut jika kita tidak bersama sama secara serentak “melawan” keadaan ini. 

Melawan dengan tetap melakukan langkah pencegahan penularan yang sering diingatkatkan tenaga medis dan dukungan pemerintah.

Anjuran untuk tetap dirumah dan pemberlakuan social distancing sampai physical distancing adalah keharusan.

Hal ini dapat mencegah perpindahan virus covid-19, dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga penyebaran bisa ditekan.

Selain itu membiasakan diri untuk cuci tangan dengan sabun di air mengalir harus sesering mungkin dilakukan, untuk antisipasi jika terdapat virus tersebut ditangan kita dapat dihilangkan. 

Hal yang penting juga dilakukan saat ini adalah memakai masker. Memakai masker tidak terbatas hanya kepada mereka yang sakit, tapi yag sehat pun harus memakai masker kemanapun.

Terlebih lagi mereka yang terinfeksi virus covid-19 ini 85% tanpa gejala sehingga jika masing masing kita membiasakan diri memakai masker maka kita dapat terlindungi dari risiko tertular dan dapat melindungi orang lain dari risiko tertular dari kita. 

Singkatnya memakai masker, saya lindungi kamu, kamu lindungi saya.

Mengenai jenis masker yang digunakan maka semua jenis masker memiliki manfaat yang sama. 

Dikenal ada beberapa macam masker diantaranya masker N95 dan masker bedah. Masker ini sebaiknya hanya diperuntukkan untuk petugas medis dan mereka yang memiliki risiko tertular lebih besar karena dekat atau bersentuhan langsung dengan penderita. 

Masker ini dapat memproteksi sampai 95% sedangkan untuk masyarakat umum dapat menggunakan masker kain yang juga memiliki daya proteksi yang lumayan besar, bisa melindungi sampai 70%.

Mari kita bersama sama membudayakan penggunaan masker, agar kita sama sama terlindungi dan sama sama melindungi. Semoga wabah ini cepat berlalu. 

*Penulis adalah paktisi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

IPW Apresiasi Komjen Firli Tangkap Mantan Sekretaris MA

JAKARTA, Gerbangkaltim.com – Ketua Presedium Indonesia Police Watch Neta S Pane meng…