PASER, Gerbangkaltim.com – Pemerintah Kabupaten Paser mempercepat proses pergeseran anggaran pada APBD Kabupaten Paser tahun 2020 untuk percepatan penanggulangan virus corona atau COVID-19.

Hal itu dilakukan dengan menggelar rapat yang dipimpin Wakil Bupati Paser Kaharuddin, dihadiri Kajari Paser M Syarif, Dandim 0904 Tanah Grogot Letkol Czi Widya Wijanarko, Kabag Ops Polres Paser Kompol Bergas, dan Sekda Katsul Wijaya serta kepala perangkat daerah.

Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan saat ini Pemkab Paser tengah mempercepat proses pergeseran anggaran guna mendukung beberapa kegiatan teknis Kesehatan, bantuan kepaeda warga yang terdampak.

“Oleh karena itu Bappedalitbang kami minta, melalui Asisten Umum untuk mempercepat proses ini,” ujar Katsul.

Perangkat Daerah kata Katsul diminta untuk segera menyampaikan beberapa usulan terkait penyesuaian pergeseran APBD ini.

Katsul juga mengatakan bahwa rapat ini digelar setelah ada perubahan struktur organisasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19.
“Di Gugus Tugas versi baru ini kita melakukan pembagian tugas terkait proses penganggaran penanganan COVID-19,” ucap Katsul.

Setelah pertemuan ini, setiap Organisasi Perangkat Daerah akan melakukan pertemuan secara teknis. Perlu diketahui, bahwa untuk sekitar 25 Miliar rencana penggeseran dialokasikan untuk warga terdampak COVID-19.

Penerima bantuan saat ini sedang memenuhi persyaratan. Beberapa data sedang dihimpun dan akan diikirimkan ke Pemprov Kaltim terkait bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan dari APBD nanti akan menyesuaikan dengan bantuan dari pemerintah pusat. (Adv/MC kominfo Paser)