BALIKPAPAN, Gerbangaltim.com,– Menyusul telah terbentuknya Korem 092/Maharajalila, pada Selasa (21/4/20) dilakukan pengalihan Komando dan Pengendalian (Kodal) terhadap 4 Kodim di jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma yang berada di wilayah Kaltara, ke Korem 092/Maharajalila.

Upacara alih kodal dipimpin oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto di Aula Makodam VI/Mulawarman. Satuan yang alih kodal dari Korem 091/Aji Surya Natakesuma ke Korem 092/Maharajalila yakni Kodim 0903/Tanjung Selor, Kodim 0907/Tarakan, Kodim 0910/Malinau, dan Kodim 0911/Nunukan.

Pangdam VI/Mulawarman mengatakan pelaksanaan Alih Kodal ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kasad Nomor 23 Tahun 2019 tanggal 6 Desember 2019 tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru untuk kebutuhan organisasi dalam memaksimalkan pelaksanaan pembinaan pertahanan aspek darat yang bertujuan untuk memudahkan Komando dan Pengendalian di wilayah Kalimantan Utara.

Selanjutnya Pangdam menuturkan, berkaitan dengan serah terima jabatan maupun pelantikan pejabat baru terhadap satuan tugas baru di lingkungan Korem 092/Maharajalela yang tempatnya nanti di Kabupaten Bulungan.

“Saat ini memang kantor Korem sendiri masih dalam pengerjaan tetapi Kemarin saya langsung dengan beberapa staf koordinasi dengan Bapak Bupati kebetulan didampingi oleh Dandim 0903/Tanjung Selor juga meminta tempat yang bisa dijadikan kantor sementara saya,” ujarnya.

Kapendam VI/Mlw Kolonel Kav Dino Martino mengatakan, pembentukan Korem 092/Maharajalila sendiri merupakan satuan Teritorial yang berada di bawah kendali Komando Daerah Militer VI/ Mulawarman. Korem 092/Maharajalila memiliki markas di Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, setelah sebelumnya merupakan bagian dari Kalimantan Timur.

“Kehadiran Korem 092/Maharajalila juga merupakan realisasi dari keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta pemerintah daerah yang telah direstui oleh seluruh komponen masyarakat serta pemerintah sebagai salah satu bukti kepercayaan masyarakat wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Utara kepada Kodam VI/Mulawarman,” kata Kapendam Dino Martino. (*/mh/gk)

Sumber dan foto-foto: Pendam VI/Mulawarman