PASER, Gerbangkaltim.com – Ahmad Rujani, seorang ustaz di Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser menggagas program tilawah secara daring (dalam jaringan) atau online selama pandemi corona.

Menurut pria yang pernah menjadi Qori terbaik 3 MTQ tingkat Asia ini, keterbatasan tatap muka selama wabah corona tidak menjadi hambatan untuk menyemarakkan bulan Ramadan dengan kegiatan tilawah.

“Tilawah online ini agar anak – anak bersemangat untuk tetap cinta dan rajin membaca Alquran,” kata Ahmad Rujani, Selasa (28/4).

Rujani mengatakan kegiatan ini dibuka untuk anak-anak di Kecamatan Muara Komam. Pendaftarannya dimulai sejak 28 April sampai 10 Mei 2020. Persyaratan yang harus dilengkapi yakni foto dan Kartu Keluarga.

“Kalau peserta tidak bisa online bisa juga kirim video tilawahnya, karena sebagian desa tidak memiliki internet,” ucap Rujani.

Per Selasa 28 April 2020, sudah ada 10 peserta yang mendaftar yakni dari Desa Prayo, Longsayo, Selerong dan Kelurahan Muara Komam.

Rujani mengatakan tidak banyak hadiah yang disediakan unuk pemenang lomba tilawah daring ini. Ia mengaku hadiah dari sumbangan beberapa teman dan dana pribadinya.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid menyambut baik dan mendukung kegiatan tersebut. Ia menilai melalui lomba tersebut dapat melahirkan Qori dan Qoriah yang berkualitas.

“Ini dalam rangka mempersiapkan kompetisi pada cabang Tilawah pada jenjang MTQ tingkat Kabupaten Paser nanti. Bahkan sampai jenjang di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional,” ujar Rasyid.

Oleh karena itu ia berharap para Kepala Desa dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran, dapat memberikan dukungan agar kegiatan itu berjalan lancar. (Adv/MC Kominfo Paser)