PASER, Gerbangkaltim.com – Sebanyak 97 paramedis Puskesmas di Kabupaten Paser reaktif rapid test atau positif berdasarkan hasil rapid test atau tes cepat.

Diantatanya 67 paramedis Puskesmas Long Ikis dan 30 lainnya paramedis Puskesmas Long Kali.

“Untuk rapid test tenaga medis Long Ikis ada 67 yang reaktif atau positif, dan yang di Puskesmas Long Kali ada 30 orang,” kata Jubir Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Paser Amir Faisol saat konferensi pers, Sabtu (2/5).

Hasil itu kata Amir bukan merupakan hasil akhir karena rapid test ini adalah yang pertama kepada kepada 97 tenaga medis itu.

“Rapid test bukan penentu seseorang terjangkit corona, hanya semacam screening kekebalan tubuh. Karena hasil akhir harus berupa swab,” katanya.


Dengan hasil itu, maka Gugus Tugas lanjut Amir, menutup sementara kedua Puskesmas tersebut. Ia memastikan dalam waktu dekat pelayanan di dua puskesmas itu segera dibuka.

Untuk 67 paramedis Puskemas Long Ikis, yang sebelumnya diisolasi di Puskesmas kata Amir, saat ini akan dipindahkan di suatu tempat isolasi.

Adapun kepada 30 paramedis lain di Puskesmas Long Kali, melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. (Adv/MC Kominfo Paser)