BALIKPAPAN, Gerbangkaltim.com – Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada Ramadhan tahun 2020 ini, Yayasan Rahmad Mas’ud Center (RMC) kembali membagikan zakat bagi warga yang masuk kategori Keluarga Miskin (Gakin) langsung ke masing-masing RT.

“Pembagian zakat ini merupakan tradisi keluarga besar Bani Masud setiap tahun menjelang Lebaran,” ujar Pembina Rahmad Mas’ud Centre (RMC) yang juga Wakil Wali Kota Balikpapan.

Pembagian disebarkan ke setiap RT. Upaya ini dilakukan untuk mendukung himbauan pemerintah dalam mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menimbulkan bahaya penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Memang di tahun ini ada sedikit perbedaan, karena biasanya  penyaluran zakat  dari keluarga besar kita (Rahmad Mas’ud) di mana setiap tahun kita akan membagikan di titik tertentu seperti   di mesjid-mesjid atau di mushola,  tapi pada tahun ini agak sedikit berbeda karena ada pandemi corona,  jadi kita dibagikan ke tiap  RT satu per satu  mengurangi kerumunan dan mentaati juga regulasi dari pemerintah untuk dilarang berkumpul yang banyak,” ujarnya.

Rahmad menyebutkan pada tahun 2020, pihaknya menargetkan akan membagikan kepada sekitar 40 ribu jiwa dari keluarga miskin. Jumlah ini naik dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 30 jiwa.

“Tahun ini, jumlahnya ya sama seperti tahun tahun kemarin, sekarang ini mungkin ada sedikit bertambah mungkin sekitar 40 ribuan jiwa dari kemarin 30 ribu an,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya pada tahun ini memang sengaja membagikan zakat lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya, untuk menyiasati waktu yang diperlukan terkait perubahan mekanisme pembagian zakat pada tahun ini.

“Kita memang bagikan lebih dini, karena waktunya mepet untik membagikan ke masing-masing RT, mudah-mudahan di tanggal tujuh belas ramadhan  nanti udah selesai,” terangnya.

Dalam mekanisme pembagian ke masing-masing RT, pihaknya melibatkan tim yang terdiri dari relawan RMC, Babinsa dan kepolisian, untuk mengawal proses pembagiannya.

“Mudahan-mudahan apa yang kita bagikan bisa bermanfaat dan wabah corona ini juga cepat berakhir,” jelasnya. (mh/gk)